Pemilu

Suaranya Hilang, Ribuan Massa Pendukung Caleg Geruduk Rekapitulasi KPU Jember

1032
×

Suaranya Hilang, Ribuan Massa Pendukung Caleg Geruduk Rekapitulasi KPU Jember

Sebarkan artikel ini
massa Pendukung caleg
Ribuan massa pendukung Cak Salam merangsek mendekati tempat rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah/ Beritabangsa.id)

“Aksi ini murni dari masyarakat tanpa ada upaya menggerakkan. Karena masyarakat menilai adanya kejadian di Sumberbaru kemarin (proses rekapitulasi dan hasil suara tingkat kecamatan), membuat suara kita lenyap hampir 6.000 suara. Jadi kita di sini minta rekomendasi dari Bawaslu dan KPU, yang kemarin sudah dijanjikan di Sumberbaru. Tapi nyatanya hari ini diingkari,” ujar Cak Salam.

Dengan tegas, Cak Salam mengatakan Pemilu 2024 ini berjalan morat-marit tidak karuan.

Scroll untuk melihat berita

Bahkan ia menduga kuat, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) telah menerima pesanan pengelembungan suara dari Caleg lainnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Jember, Muhammad Syai’in menepis tudingan tersebut.

Ia mengatakan bahwa proses penghitungan suara belum selesai sepenuhnya se-Kabupaten Jember, yang mana saat ini masih dihitung tingkat Kabupaten.

Menurut Syai’in, apabila ada komplain terhadap proses penghitungan hingga hasil suara merupakan ranah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jember.

Sebelumnya, Bawaslu Jember telah merekomendasikan untuk dilakukan penghitungan ulang suara, dan rekomendasi itu sudah dilakukan oleh PPK beberapa kecamatan.

“Termasuk rekomendasi rekapitulasi ulang di (Kecamatan) Sumberbaru, maupun di Silo. Itu sudah dilaksanakan,” kata Syai’in.

Kemudian apabila ada tuntutan soal rekomendasi, lebih lanjut kata Syai’in, pihaknya menunggu adanya rekomendasi baru dari Bawaslu Jember.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *