Publik Service

Proyek Ratusan Miliar SPAM Kaligoro Mampu Layani Dua Kecamatan di Malang Selatan

882
×

Proyek Ratusan Miliar SPAM Kaligoro Mampu Layani Dua Kecamatan di Malang Selatan

Sebarkan artikel ini
SPAM Kaligoro
Pembangunan SPAM Kaligoro untuk melayani ketersediaan air bersih di wilayah Malang selatan

BERITABANGSA.ID, MALANG – Proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kaligoro yang menelan anggaran Rp125 miliar dari APBN dan APBD Kabupaten Malang Rp25,5 miliar ini menjawab kesulitan air warga di Kecamatan Gedangan dan Sumbermanjing Wetan, Malang selatan.

Menurut Kepala Bagian Humas, Wahjoe Darmawan, pembangunan SPAM Kaligoro yang menelan anggaran keseluruhan Rp150,5 miliar, saat ini memasuki tahap III.

Scroll untuk melihat berita

Pada tahap I di 2021, menyelesaikan broncaptering, bak penampung, sistem perpompaan, JDU sepanjang 2.375 m, reservoar kapasitas seribu meter kubik, jaringan pipa distribusi pelayanan 10.000 meter dan pemasangan 800 sambungan rumah (SR) di Desa Segaran.

“Saat ini memasuki tahap ke tiga pembangunan SPAM Kaligoro, pembangunan tahap pertama dimulai pada tahun 2021 telah selesai dengan reservoar 1.000 kapasitas meter kubik, jaringan pipa distribusi sebanyak 10.000 meter dengan target 800 SR di Desa Segaran,” ungkap Wahjoe, Minggu (3/3/2024).

Wahjoe menambahkan, pada tahap II, yang dimulai sejak 2023, telah merampungkan reservoar di dua desa yang berada di Malang selatan.

Sedangkan pada tahap II di 2023, telah dilaksanakan pembangunan reservoar di Sumbernanas dan reservoar Ringinsari yang masing masing berkapasitas 1000 m3, sistem perpompaan dan jaringan transmisi sepanjang 5.564 m.

Untuk tahap III, akan dibangun tiga reservoar di tiga wilayah, yaitu Desa Klepu, Gedangan dan Sumbermanjing Wetan dengan sistem perpipaan dan gravitasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *