Pemerintahan

KPU Kabupaten Blora Gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilu 2024

385
×

KPU Kabupaten Blora Gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Rapat pleno
Widi Nurintan Ari Kurnianto, Ketua KPU Kabupaten Blora Kepada Awak Media Disela-sela Rekapitulasi

BERITABANGSA.ID, BLORA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan perolehan suara tingkat kabupaten, di Gedung Grha Larasati, Blora.

Rapat pleno rekapitulasi tersebut dijadwalkan digelar selama dua hari, 29 Februari hingga 1 Maret 2024.

Scroll untuk melihat berita

Ketua KPU Kabupaten Blora, Widi Nurintan Ari Kurnianto, menyampaikan rapat pleno terbuka yang dilaksanakan selama 2 hari mulai 29 February sampai 1 Maret 2024.

“Untuk hari ini 10 kecamatan dilaksanakan sampai malam. Sisanya besok pagi sampai selesai,” terang Widi di sela rapat pleno, Kamis (29/2/2024).

Widi menambahkan dalam proses rekapitulasi ini KPU membacakan banyak kejadian khusus selama proses di tingkat TPS, dan PPK sebagai bentuk transparansi. Semisal, penulisan C plano tidak terbaca. Namun sudah diperbaiki di tingkat PPK.

“Ketika nanti ada revisi, bisa langsung kita benahi,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Blora, Andyka Fuad Ibrahim mengaku ingin memastikan kegiatan berjalan sesuai peraturan perundang-undangan.

Juga memastikan, tahapan rekapitulasi dilakukan dengan jadwal tahapan yang ada.

“Selain itu memastikan supaya tidak ada manipulasi maupun kecurangan dalam proses rekapitulasi yang dilakukan oleh teman-teman KPU,” ucapnya.

Selama proses tahapan Pemilu saat masa tenang, sudah ada 7 pelanggaran yang ditangani, kemudian setelah pemungutan penghitungan suara, ada 5 pelanggaran.

“Sudah kami teruskan kepada instansi terkait pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Proses rekapitulasi sempat mengalami sedikit kendala ketika huruf dan angka pada screen layar terlalu kecil, setelah diperbesar proses rekapitulasi pun dilanjutkan.

Hadir dalam acara itu meliputi KPU Kabupaten Blora mengundang stakeholder terkait, Bawaslu, saksi PPWP, saksi Parpol, saksi DPD, maupun PPK.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *