Pariwisata

Jelajah Purba 2023: Nikmati Sensasi Track di Alam Bebas hingga Santap Kuliner Khas Jember

259
×

Jelajah Purba 2023: Nikmati Sensasi Track di Alam Bebas hingga Santap Kuliner Khas Jember

Sebarkan artikel ini
Jelajah Purba
Pemandu wisata jelajah purba menerangkan situs bersejarah kepada peserta, Minggu (10/12/2023). (Foto: Zainul Hasan/Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPC Jember menggelar jelajah purba pada Minggu, 10 Desember 2023, mulai pukul 07.30 – 13.30 WIB.

HPI menggandeng kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Kamal, Kecamatan Arjasa dan Panduman, Kecamatan Jelbuk, serta para seniman lokal dan UMKM di wilayah tersebut.

Scroll untuk melihat berita

Selain itu, kegiatan ini juga didukung oleh Pemerintah Kabupaten Jember melalui Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, dan Dinas Perhubungan, kemudian DPC Asita, BPC PHRI, dan Despar dan Politeknik Negeri Jember.

Kepala Dinas Pariwisata Jember, Bambang Rudianto, melepas peserta jelajah purba dari halaman Gedung Serbaguna, Kecamatan Kaliwates, bertolak ke Desa Panduman dan Kamal.

Disepanjang perjalanan, peserta jelajah purba menyusuri desa-desa di lereng Argopuro sambil menikmati keindahan alam dan sensasi berwisata dengan mengendarai sepeda motor.

Setibanya di Desa Panduman, peserta jelajah purba singgah terlebih dahulu di cafe purba untuk menyantap kuliner lokal sambil menikmati hiburan Can Macanan Kaddhuk dan Tak Bhuta’an.

“Ada makanan khas daerah namanya Kettuk (olahan berbahan dasar singkong, berwarna hijau, ada campuran parutan kelapa – red). Ada kesenian ukiran bakar juga,” ucap salah seorang peserta jelajah purba, Abdus Syakur.

Setelah 35 menit berlalu, peserta jelajah purba melanjutkan perjalanan menyusuri area persawahan di lereng Gunung Argopuro menuju situs megalitikum di Dusun Calok, Desa/Kecamatan Arjasa.

Situs megalitikum di Dusun Calok ini kali pertama ditemukan oleh warga sekitar bernama Firdaus pada 2010 silam, ia menemukannya secara kebetulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *