Terkini

Mahfud MD, Tokoh HMI yang Resmi Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

89
×

Mahfud MD, Tokoh HMI yang Resmi Jadi Bacawapres Ganjar Pranowo

Sebarkan artikel ini
Mahfud MD
Ganjar Pranowo - Mahfud MD berfoto bersama dengan keluarga masing-masing usai pengumuman resmi di Kantor DPP PDIP, Rabu pagi, 18 Oktober 2023.

BERITABANGSA.ID – JAKARTA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri resmi mengumumkan pasangan bakal Capres Ganjar Pranowo di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro 58, Jakarta Pusat, Rabu 18 Oktober 2023.

“Maka bakal calon wapres yang dipilih oleh PDIP yang akan mendampingi Ganjar Pranowo adalah Bapak Mahfud MD,” ucap Megawati.

Scroll untuk melihat berita

Megawati mengatakan, sosok yang dipilihnya untuk mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pilpres 2024 telah teruji kualitasnya dalam beberapa jabatan strategis tingkat nasional serta memiliki pengalaman konkret di pemerintahan.

“Beliau (Mahfud MD) merupakan sosok pemimpin yang selalu bergelora jiwa kemanusiaannya, hatinya mudah tersentuh oleh penderitaan rakyat,” kata Megawati.

Mohammad Mahfud Mahmodin atau lebih dikenal dengan Mahfud MD lahir di Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Jawa Timur. Dia merupakan anak keempat dari tujuh bersaudara pasangan Siti Khadijah dan Mahmodin.

Mahfud MD merupakan tokoh senior Himpunan Mahasiswa Islam atau HMI.

Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) periode 2022 – 2027, Mahfud MD juga pernah menduduki jabatan eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Dia pernah menjadi Menteri Pertahanan pada periode 2000-2001, merangkap Menteri Kehakiman dan HAM di masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Mahfud MD pada 2004-2008 menduduki kursi DPR RI sebagai anggota Komisi III dan Wakil Ketua Badan Legislatif. Ia juga menjadi anggota Tim Konsultan Pakar pada Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Depkum-HAM Indonesia. Pada 2008-2013, ia memegang jabatan sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Saat ini, ia menjabat sebagai Menkopolhukam di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Ditetapkannya Mahfud MD sebagai pasangan Ganjar Pranowo merupakan doa yang terkabulkan dari KAHMI.

Pada acara Jalan Sehat Nasional HUT ke-57 KAHMI di Jakarta pada 17 September 2023 lalu, Presidium Majelis Nasional KAHMI, Ahmad Yohan berharap Menko Polhukam Mahfud MD maju menjadi salah satu kontestan di Pilpres 2024.

“Kita doakan Bang Mahfud MD juga bisa menjadi salah satu capres ke depan,” kata Yohan saat itu.

Yohan mengatakan KAHMI siap terjun memenangkan Mahfud. Ia menyampaikan KAHMI bakal membentuk posko pemenangan.

Ia menyebut KAHMI memiliki kekuatan yang besar dan turut diperhitungkan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *