Seni Budaya

Makan Belasan Ribu Porsi Nasi Kikil dan Gerebek Gunungan Ikan Lele di Jombang

156
×

Makan Belasan Ribu Porsi Nasi Kikil dan Gerebek Gunungan Ikan Lele di Jombang

Sebarkan artikel ini
Nasi kikil
Tampak warga Jombang saat menikmati nasi kikil gratis di Alun-alun Jombang pada Sabtu (23/9/2023) siang. Foto : Faiz Beritabangsa.id.

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Suasana tak biasa terjadi di jantung kota santri Jombang pada Sabtu (23/9/2023) siang. Ribuan orang memadati di Alun-alun Jombang, mengelilingi sejumlah pedagang nasi kikil pincuk dan gunungan ikan lele setinggi 4 meter an.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang kembali mencatatkan diri ke rekor Indonesia, Museum Rekor Muri Dunia Indonesia (MURI).

Scroll untuk melihat berita

Sedikitnya sego kikil atau nasi kikil terbanyak 15.000 pincuk/porsi, salah satu kuliner khas kota santri yang melegenda dihidangkan.

Selain itu Pemkab Jombang juga mempatenkan makanan dari bagian daging kaki sapi ini di wilayah Mojosongo sebagai sentra atau pusat makanan ini.

Diramaikan ribuan masyarakat Jombang, 15.000 porsi sego kikil ludes disantap dengan alas pincuk dari daun pisang.

Berbarengan dengan momen itu, Pemkab Jombang juga mencatatkan MURI untuk tumpeng ikan terbesar. Yakni 4.000 ekor ikan lele yang disusun pada gunungan berukuran 4.2 meter, dengan diameter 8.5 meter.

Perwakilan MURI, Sri Widayati mengungkapkan apresiasi kepada pihak Pemkab Jombang.

Total 7 rekor MURI yang dicapai selama masa kepemimpinan Bupati Mundjidah Wahab dan Wakil Bupati Sumrambah.

“Setidaknya ada lima prestasi ditambah dua kali ini, jadi 7 rekor MURI untuk Jombang. Hari ini kita nikmatin sego kikil terbanyak dan disisi kanan tumpeng dari rangkaian 4.000 ekor ikan lele,” ungkapnya.

Setelah itu, dirinya mengumumkan dan mengesahkan pencapaian MURI pada dua kategori tersebut kepada Bupati Jombang Mundjidah.

“Semoga menjadi berkah, dan semoga sego kikil semakin terkenal. Kebutuhan protein gizi terpenuhi,” tambahnya.

Sementara itu Bupati Jombang Mundjidah Wahab mengucapkan syukur atas capaian yang ditorehkan menjelang berakhirnya masa jabatannya pada 24 September 2023 ini.

“Harapannya, sego kikil khas Jombang ini semakin dikenal. Karena banyak pengunjung luar kota yang dicari ya sego kikil. Makanya kami juga sahkan Mojosongo sebagai sentra gokil,” pungkasnya.

Salah satu warga Jombang yang turut serta memeriahkan acara yang juga dalam memperingati HUT Pemkab Jombang ke-113 ini, yakni Dhigma Sabilillah (22). Perempuan asal Kecamatan Ploso, Jombang ini mengaku senang.

“Seru soalnya makan nasi kikil bersama, rebutan gunungan ikan lele bersama. Meskipun sebelumnya itu ya harus antri lama dan berdesak-desakan demi mendapatkan ikan pada gunungan itu. Harapannya dari kegiatan ini semoga membawa keberkahan,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *