Kesehatan

Inovasi e-STAGI untuk Deteksi Dini Status Gizi dan Stunting

123
×

Inovasi e-STAGI untuk Deteksi Dini Status Gizi dan Stunting

Sebarkan artikel ini
Teknologi
Demonstrasi aplikasi e-STAGI untuk deteksi dini status gizi dan stunting.

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan juga menjadi tuntutan untuk dapat pengembangan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia masa kini.

Penggunaan teknologi informasi dapat membantu percepatan berbagai aspek dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum.

Scroll untuk melihat berita

Untuk itu, kelompok dosen Politeknik Negeri Jember di antaranya Andri Permana Wicaksono, Indah Muflihatin, Demiawan Rachmatta, serta Ery Setiyawan Jullev Atmadji menciptakan inovasi berupa e-STAGI (Elektronik Sistem Informasi Status Gizi dan Stunting), sebuah aplikasi untuk pengecekan gizi untuk mencegah terjadinya stunting.

“Aplikasi ini sifatnya deteksi dini asupan gizi untuk anak umur 0-60 bulan, yang kemudian dapat mencegah terjadinya stunting,” kata Andri Permana Wicaksono, Rabu 06 September 2023.

Andri menambahkan, e-STAGI ini dapat diakses melalui komputer serta ponsel pintar, sehingga bisa diakses seluruh masyarakat dari mana pun dan kapan pun untuk mengetahui informasi gizi buah hati.

Melalui informasi gizi yang didapatkan dari e-STAGI, masyarakat dapat melakukan konsultasi ke Teaching Factory Nutrition Care Center, tempat pelayanan gizi yang di Kampus Politeknik Negeri Jember. Di sana masyarakat dapat berkonsultasi tentang berbagai hal mengenai asupan gizi yang tepat.

“Dengan inovasi ini, kami harap masyarakat dapat teredukasi sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi yang tepat, serta dapat mencegah terjadinya stunting pada anak,” harapnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *