Kesehatan

FK Unusa Upayakan Pendistribusian Dokter Muda ke Pesantren

361
×

FK Unusa Upayakan Pendistribusian Dokter Muda ke Pesantren

Sebarkan artikel ini
FK Unusa
Foto bersama usai acara pengukuhan dan sumpah dokter ke- 8 Fakultas Kedokteran Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. (Foto: Mwd)

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Pengukuhan dan pengambilan sumpah dokter ke- 8 kembali digelar FK Unusa pada Rabu (06/09/2023) di Auditorium Lantai 9 Tower Unusa Kampus B, Jemursari, Surabaya.

Hadir pada acara ini Dr. Hilman Siregar, Sekertaris 3 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), yang memaparkan kurangnya tenaga medis di daerah-daerah terpencil.

Scroll untuk melihat berita

Hal ini menurutnya, sangat penting dilakukan pendistribusian dokter muda yang merata terlebih pelosok guna pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas di seluruh wilayah Indonesia.

Ia menyebut, hal ini untuk membantu memastikan bahwa kebijakan kesehatan nasional dapat dijalankan dengan efektif dan masyarakat dapat memperoleh akses yang adil dalam layanan keperawatan medis yang dibutuhkan.

Namun faktanya belum terlaksana secara maksimal karena berbagai faktor.

Dr. Hilman Siregar melihat, kebutuhan akan dokter secara umum sudah terpenuhi dengan baik. Bahkan jika ada kekurangan dokter, kekurangannya tidak signifikan atau tidak begitu besar.

“Yang menjadi masalah utama adalah distribusi dokter. Distribusinya kurang merata dan seringkali menjadi kendala. Ini terindikasi di daerah-daerah yang sangat terpencil, dokter dan tenaga medis seringkali kurang diminati,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *