Pendidikan

Unusa Masuk 16 PTS Terbaik Indonesia Versi SIR 2023

58
×

Unusa Masuk 16 PTS Terbaik Indonesia Versi SIR 2023

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Scimago Institutions Rankings (SIR) mengeluarkan hasil pemeringkatan perguruan tinggi (universitas) terbaik di berbagai negara, termasuk Indonesia di 2023 ini.

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) satu dari 59 universitas terbaik di Indonesia, yang dirilis Senin (14/8/2023).

Scroll untuk melihat berita

Unusa meraih 92nd Overall percentile, 71st Research percentile, 98th Innovation percentile dan 87th Societal percentile.

Atas angka tersebut, Unusa berada di posisi 58 PTN/PTS terbaik se-Indonesia, posisi 16 PTS terbaik se-Indonesia, dan posisi 3 PTS terbaik se-Jawa Timur.

Sebanyak 59 perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) masuk dalam pemeringkatan terbaik di Indonesia.

Indikator penilaian untuk menentukan kualitas suatu perguruan tinggi atau universitas terdiri dari 3 aspek utama penilaian meliputi riset, inovasi, dan dampak sosial yang kesemuanya diambil dari informasi yang disediakan di laman website masing-masing perguruan tinggi. SIR

Melansir situs SIR, penilaian dilakukan setiap tahun dari hasil yang diperoleh selama periode lima tahun, yang berakhir dua tahun sebelum edisi pemeringkatan. SIR menyediakan statistik keseluruhan dari publikasi ilmiah dan output lembaga lainnya.

Setiap indikator tersebut, menurut SIR, telah dihitung dari kombinasi indikator yang berbeda. Riset, inovasi, dan dampak sosial, masing-masing memiliki bobot yang berbeda-beda dalam keseluruhan proses penilaian, di mana riset memegang persentase paling tinggi yakni 50 persen, sisanya adalah inovasi (30 persen) dan dampak sosial (20 persen).

 

Menurut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unusa, Achmad Syafiuddin,
Unusa terus berbenah untuk mencapai peringkat yang lebih baik.

Dia mengapresiasi Fakultas, Program Studi (Prodi), para dosen dan peneliti di Unusa yang terus memacu diri untuk menghasilkan riset-riset berkualitas yang dapat direkognisi dunia internasional.

“Kami mengajak civitas akademika, untuk meningkatkan kinerja penelitian dosen dan mahasiswa Unusa dengan mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian terutama pada jurnal internasional bereputasi serta menghasilkan produk-produk inovasi tepat guna untuk masyarakat,” ungkapnya.

Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat ini menambahkan, SIR merupakan ranking institusi di seluruh dunia yang dibangun oleh Scimago Research Group menggunakan data kinerja yang ada di Scopus.

“Artinya, kinerja penelitian, publikasi dan inovasi Unusa merupakan salah satu yang terbaik di negeri ini dan ini telah sesuai dengan target yang telah kita tuliskan dalam rencana strategis kita,” tuturnya.

Ia berharap beberapa tahun ke depan, capaian Unusa akan terus lebih baik dengan dukungan beberapa Pusat Penelitian (Research Center) yang baru saja dibangun dan akan terus bertambah jumlahnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *