Seni Budaya

Petik Laut Puger Kulon Jember: Wujud Rasa Syukur pada Tuhan

104
×

Petik Laut Puger Kulon Jember: Wujud Rasa Syukur pada Tuhan

Sebarkan artikel ini
Petik laut
Warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, menggotong replika perahu sampan dalam kegiatan Puger Kulon Fest Petik Laut dan Selamatan Desa, Rabu (2/8/2023). (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Warga Desa Puger Kulon, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur, menggelar kegiatan Puger Kulon Fest Petik Laut dan Selamatan Desa pada Rabu, 2 Agustus 2023.

Bupati Jember, Hendy Siswanto, yang turut hadir bersama Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmad Cahyo Dinarso, Ketua TP-PKK Jember Kasih Fajarini, jajaran pimpinan OPD, dan Muspika Puger, mengapresiasi semua pihak yang membuat acara tersebut berlangsung dengan penuh semarak.

Scroll untuk melihat berita

“Ini merupakan bagian dari wujud syukur kita kepada Allah SWT. Masyarakat Puger Kulon menunjukkan kepada Gusti Allah bahwa mereka pandai bersyukur,” ucap Hendy.

Dia juga mengatakan, budaya petik laut dan selamatan desa semacam ini wajib dilestarikan dan dibesarkan agar bermanfaat bagi banyak orang.

“Di dalamnya ada Khatmil Quran dan kegiatan bermacam-macam. Bahkan UMKM juga ikut andil dalam kegiatan ini. Alhamdulillah, ini bisa berguna sekaligus mendongkrak ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Hendy berharap, para kawula muda maupun generasi yang akan datang tetap melestarikan kegiatan tersebut maupun budaya lainnya di wilayah setempat.

Selain sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur, petik laut juga memiliki beragam fungsi, diantaranya mempererat tali silaturahmi, meningkatkan UMKM, serta melestarikan budaya lokal.

“Kegiatan hari ini sangat mulia. Jangan cuma gaya, bercanda saja, lalu pulang. Tapi, ayo ikut jalan, dinikmati, disyukuri, dan dilestarikan,” pungkas Hendy.

Petik laut merupakan sebuah ritual yang diselenggarakan setiap tahun oleh warga yang tinggal di daerah pesisir ketika memasuki Muharram atau Bulan Syuro.

Ritual ini merupakan warisan para leluhur, dengan maksud dan tujuan sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan hasil laut kepada para nelayan selama setahun belakangan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *