Pemerintahan

Deputi Kaper BI Jember Ungkap Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi

260
×

Deputi Kaper BI Jember Ungkap Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Deputi
Deputi Kepala Perwakilan BI Jember, Andhi Wahyu Riyadno, saat memberikan paparan

Terkait dengan akses pembiayaan, dikatakan Andhi pencapaian porsi kredit UMKM terhadap kredit perbankan masih dikatakan kecil, sekitar 20,61 persen saja.

“Maka dari itu pelaku UMKM perlu adanya perencanaan keuangan, yang itu sudah dimiliki oleh SiApik,” imbuhnya lagi.

Scroll untuk melihat berita

Sementara itu, menurut narasumber SiApik, Akhmad Jaeroni, kalau pelatihan bertujuan dengan perencanaan keuangan, yaitu memisahkan uang pribadi dan uang usaha.

Selain itu, kata Jaeroni, juga untuk menganggarkan pengeluaran dengan bijak, mengontrol arus kas, dan cash flow positif dan memiliki dana darurat/ emergency fund.

“Memilliki proteksi pendapatan dan tempat usaha, melakukan diversifikasi dan ekspansi usaha, itu semua adalah pentingnya pencatatan keuangan,” bebernya.

Rendahnya kesadaran pencatatan keuangan UMKM, menurut Jaeroni, menyebabkan adanya assymetric information bagi lembaga keuangan bank dan bukan bank dan mempengaruhi kinerja penyaluran kredit UMKM.

“Kesadaran pencatatan keuangan rendah, pencatatan keuangan dianggap sulit, literasi keuangan masih rendah, ini semua berdampak tidak dapat memisahkan PTK pribadi dengan usaha,” ujarnya pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *