Pemerintahan

Deputi Kaper BI Jember Ungkap Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi

258
×

Deputi Kaper BI Jember Ungkap Peran UMKM dalam Pertumbuhan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Deputi
Deputi Kepala Perwakilan BI Jember, Andhi Wahyu Riyadno, saat memberikan paparan

BERITABANGSA.ID – LUMAJANG – Deputi Kepala Perwakilan BI Jember, Andhi Wahyu Riyadno, mengatakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran strategis sebagai sumber pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Namun demikian, kata Andhi, UMKM masih memiliki tantangan, antara lain terbatasnya akses pembiayaan, kesiapan digital, dan akses pemasaran, maka dari itu pihaknya memberikan peluang kepada pendamping UMKM dan akademisi agar dapat melatih para pelaku UMKM lebih tertib administrasi.

Scroll untuk melihat berita

“Peran strategis UMKM Indonesia itu sudah berkontribusi terhadap PDB sebesar 57,14 persen dan berkontribusi pada pasar tenaga kerja dan ekspor, dengan penyerapan Tenaga Kerja sebesar 96,92 persen dan Ekspor Non Migas 15,65 persen,” katanya kepada sejumlah awak media, Kamis (6/7/2023).

Dikatakan Andhi, dalam penggunaan marketplace oleh pelaku UMKM hanya sebesar 13 persen saja dan hanya 30 persen pelaku UMKM yang mendapatkan kredit dari perbankan.

“Namun hanya 80 persen, pelaku UMKM yang memiliki laporan keuangan yang proper,” terangnya lagi.

Andhi dalam kesempatan tersebut menjelaskan juga jika pihaknya berkeinginan untuk mendigitalkan UMKM, yang pertama dengan E-producing, yaitu dengan digital farming seperti contoh pada tanaman cabe rawit dan padi di Kabupaten Bondowoso.

“Kedua dengan E-commerce, pelaku UMKM onboarding UMKM dan export UMKM, ketiga yaitu dengan E-payment yaitu QRIS UMKM dan yang terakhir adalah E-financing dengan Aplikasi SiApik,” tambahnya.

Semoga saja, kata Andhi dengan sangat berharap, pelaku UMKM bisa Gesit dan Ekonomi menjadi Bangkit bersama SiApik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *