Kesehatan

Melihat Cara Dokter Spesialis Jantung RSUD Jombang Kupas Tuntas Penyakit Jantung di Usia Muda

283
×

Melihat Cara Dokter Spesialis Jantung RSUD Jombang Kupas Tuntas Penyakit Jantung di Usia Muda

Sebarkan artikel ini
RSUD Jombang
Tampak dr. Ririn Faujiah, Dokter Spesialis Jantung saat dalam program humas RSUD Jombang menyapa. Foto : Faiz

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan segala usia.

Dalam perkembangannya, penyakit mematikan ini sudah banyak menyerang kelompok usia muda.

Scroll untuk melihat berita

Masyarakat di satu sisi belum mengetahui penyebab dan cara mengatasinya, sebagai pertolongan pertama saat penyakit ini menyerang tiba-tiba.

Melalui program Humas RSUD Jombang menyapa, dokter Ririn Faujiah, spesialis jantung dari Poli Jantung RSUD Jombang mengupasnya secara tuntas.

“Penyakit Jantung di Usia Muda.” Itulah tema yang diangkat kali ini.

Menurut dokter Ririn Faujiah, penyakit jantung lebih diidentikkan hanya menyerang usia lanjut. Namun data survei medis mengungkap, justru yang mayoritas mendaftar pemeriksaan di poli jantung RSUD Jombang malah kelompok usia produktif atau muda.

“Berdasarkan riskesdas 2013 prevalensi penyakit jantung koroner dan gagal jantung pada kelompok usia produktif (15-64 tahun) sekitar 3,33%. Sementara itu, riskesdas 2018 menunjukkan prevelensi di usia sama mencapai 9,1%. Hal ini meningkat tiga kali lipat,” ungkap Ririn.

Lalu apa penyebab penyakit jantung di usia muda?

Pertama, karena gaya hidup yang tidak sehat. Selain itu juga bisa dipicu oleh kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

“Usia memang menjadi salah satu faktor risiko serangan jantung, selain itu juga adalah faktor tekanan darah tinggi, diabetes, kadar kolesterol tinggi, obesitas, pola makan yang tidak sehat, perokok, jarang olahraga, konsumsi alkohol, dan sering stres, ” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *