Kesehatan

IJN Kenalkan TAVI, Inovasi Perangkat Obati Stenosis Katup Aorta

121
×

IJN Kenalkan TAVI, Inovasi Perangkat Obati Stenosis Katup Aorta

Sebarkan artikel ini
IJN
Saat dokter IJN menunjukan perangkat terbarunya Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI)

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Institut Jantung Negara (IJN) telah membuat terobosan dalam pengobatan stenosis katup aorta dengan memperkenalkan prosedur medis yang revolusioner.

Proses ini melibatkan penggunaan perangkat terbaru untuk Transcatheter Aortic Valve Implantation (TAVI) yang disebut Navitor.

Scroll untuk melihat berita

TAVI merupakan pilihan perawatan minimal invasif bagi pasien dengan stenosis katup aorta yang berisiko tinggi dan tidak dapat menjalani operasi jantung terbuka konvensional.

Navitor yang dikembangkan oleh perusahaan medis global Abbott, memiliki tujuan untuk meningkatkan prosedur TAVI yang ada dengan mengurangi risiko kebocoran darah di sekitar implan katup.

Prosedur TAVI ini menawarkan alternatif yang lebih baik dengan pemulihan yang lebih cepat dan mengurangi rasa sakit.

Dalam prosedur ini, katup pengganti dimasukkan melalui kateter yang dimasukkan melalui sayatan kecil di arteri femoralis di area selangkangan.

Navitor menghadirkan inovasi dengan desain unik yang bertujuan untuk meningkatkan presisi dan hasil pengobatan pada pasien.

Perangkat ini dilengkapi dengan manset kain yang berfungsi mengurangi atau bahkan menghilangkan aliran balik darah di sekitar rangka katup.

Selain itu, Navitor juga merupakan satu-satunya sistem TAVI yang dapat berkembang sendiri dengan selebaran di dalam annulus katup asli, yang memudahkan akses dalam tubuh pasien.

Ini menjadi komponen penting dari terapi TAVI, terutama untuk pengobatan pasien muda dan berisiko rendah yang mungkin membutuhkan intervensi koroner di masa depan.

Navitor juga memiliki profil terkecil yang memungkinkan dokter menggunakan akses pembuluh darah yang lebih kecil, dengan ukuran hanya 5mm ke atas.

Pada tanggal 12 Mei 2023 lalu, dua pasien telah menjalani prosedur Navitor TAVI di IJN. Ini menjadikan IJN sebagai pusat spesialis jantung pertama di Malaysia yang berhasil melakukan perawatan inovatif ini.

Saat ini, IJN menawarkan empat jenis sistem TAVI kepada pasien dengan stenosis katup aorta dengan kebutuhan khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *