Berita Utama

Novotel Samator Ajak Siswa SD Sulap Limbah Kain Linen Jadi Tote Bag Estetik

104
×

Novotel Samator Ajak Siswa SD Sulap Limbah Kain Linen Jadi Tote Bag Estetik

Sebarkan artikel ini
Novotel Samator
Foto bersama usai acara

BERITABANGSA.ID-SURABAYA – Dalam hospitality industry yang menyediakan jasa akomodasi, food and beverage, penggunaan kain linen sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari Novotel Samator Hotel, Surabaya Timur.

Kain linen merupakan bahan untuk membuat seprai, sarung bantal, appron, serbet hingga pakaian pria
dan wanita di bidang perhotelan.

Keberadaan kain linen yang sudah mulai berubah warna, kotor dan rusak jika ditumpuk dapat menjadi sampah industri.

Berdasarkan fenomena itu, corporate social responsibility (CSR) recycle with style: painting a linen waste tote bag, hadir memberi harapan akan solusi pengelolaan limbah secara kreatif.

Sebanyak 28 siswa-siswi kelas 5 SDN Jemur Wonosari I, Surabaya
mengikuti rangkaian CSR yang digelar pada 15 dan 22 Mei 2023 melalui kerja sama dengan mahasiswa program strategic communication, di Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra dan Ikatan Alumni Puteri Indonesia Jawa Timur.

Bertajuk “Let’s Recycle ! It’s Your Future”, Novotel Samator Surabaya Timur mendaur ulang limbah linen bekas dengan cara menyortir kain lalu dijahit menjadi tote bag.

Novotel
Tiga Pemenang lomba saat foto bersama dengan para mahasiswa

Dari situ menjadi alternatif media lukis bagi siswa-siswi sehingga tote bag tersebut menjadi spesial dan estetik.

Kegiatan melukis tote bag ini juga menjadi ajang kompetisi yang
turut didukung oleh Bantex dan Giotto dengan memberikan hadiah bagi ketiga pemenang dan souvenir kepada seluruh murid.

“Kami menyambut baik kegiatan ini karena agenda CSR Novotel Samator sangat cocok dengan sekolah kami yang juga merupakan sekolah Adiwiyata, sehingga saya yakin secara aplikasi, anak-anak akan mudah mempelajari dan menerapkannya. Dan
pasti akan jadi masukan yang sangat baik untuk, guru dan para murid,” tutur Sunyoto, Kepala Sekolah SDN Jemur Wonosari 01.

Pada minggu sebelumnya, bertempat di Novotel Samator Surabaya Timur, kegiatan hari pertama diisi dengan sharing session oleh dr Dimes Atika, sosok puteri Indonesia Jawa Timur berbakat 2019 yang membahas mengenai pengertian umum 3R (Reduce, Reuse, and Recycle).

Atika juga berbagi tips dan saran dalam praktik di kehidupan sehari-hari yang sangat aplikatif bagi anak-anak sekolah dasar.

Ia menyebut, hal tersebut bisa dimulai dari membangun kebiasaan membawa tumblr, tote bag, mengurangi pemakaian sedotan plastik, memaanfatkan botol bekas untuk dijadikan kotak pensil dengan hiasan yang menarik, dan lain sebagainya.

David Kalalo, General Manager Novotel Samator, saat dikonfirmasi Beritabangsa.id, menjelaskan, CSR merupakan agenda utamanya setiap bulan.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pihaknya terhadap lingkungan sekitar dan sesama.

“Melalui beragam agenda CSR yang berbeda-beda, kami juga ingin setiap kalangan masyarakat anak-anak maupun dewasa mampu menerima campaign peduli lingkungan yang kami galakkan ini,” pungkas David.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *