Terkini

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Tokoh Bidang Kearsipan

114
×

Gubernur Khofifah Raih Penghargaan Tokoh Bidang Kearsipan

Sebarkan artikel ini
Kearsipan
Gubernur Khofifah saat menerima penghargaan

BERITABANGSA.ID-BANYUWANGI – Pemerintah Provinsi Jawa Timur meraih 6 penghargaan bidang kearsipan. Kali ini Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menerima penghargaan sebagai tokoh kepemimpinan kearsipan dalam penyelamatan dan pelestarian arsip sebagai memori kolektif bangsa (MKB).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, di acara welcome dinner rapat koordinasi nasional (Rakornas) kearsipan 2023 di Pendapa Bupati Banyuwangi, Senin (22/5/2023).

Scroll untuk melihat berita

Khofifah dinilai layak karena dedikasi, kinerja dan kepemimpinan dalam menjaga pentingnya kesadaran akan arsip sebagai cermin intelektual bangsa dan referensi untuk kehidupan.

Sebelumnya, Pemprov Jatim memaksimalkan digitalisasi pengelolaan arsip, untuk keselamatan, dan keamanan arsip-arsip statis dalam layanan publik menuju percepatan fungsionalisasi.

Menurut Khofifah, arsip adalah dokumen penting terkait perjalanan sejarah peradaban bangsa serta menjadi memori kolektif suatu bangsa.

“Dengan sistem informasi kearsipan (SIK), masyarakat dapat mengakses berbagai informasi dari sumber-sumber otentik diserahkan pemerintah. Arsip bisa dimanfaatkan melalui sistem yang diadopsi, diadaptasi dan dimodifikasi dari sistem informasi kearsipan standar internasional,” ujarnya.

Khofifah berterima kasih atas penghargaan kali ini, dan kata dia arsip adalah sumber referensi kebhinnekaan milik bangsa Indonesia yang luar biasa.

Gubernur Jatim ini berharap dapat lahir kekuatan lebih besar dari para ahli, dan intelektual serta perguruan tinggi untuk melakukan restorasi serta preservasi arsip sebagai sumber nilai dan peradaban.

“Kekayaan sejarah dan intelektual yang dimiliki negeri ini sebagian besar tersimpan di arsip di Leiden Belanda. Maka betapa pentingnya kesadaran dari kita semua,” ujarnya.

Berkat berbagai ikhtiar dan kerja keras yang luar biasa, Jawa Timur pun menerima 6 penghargaan yaitu nilai penyelenggaraan kearsipan sangat memuaskan (AA) dari hasil pengawasan kearsipan, serta Simpul Jaringan Kearsipan Nasional (JIKN) dan Sistem Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (SJIKN) tingkat nasional terbaik 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *