Keagamaan

Peringati Harlah ke-89, PC GP Ansor Kebumen Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

142
×

Peringati Harlah ke-89, PC GP Ansor Kebumen Gelar Lomba Baca Kitab Kuning

Sebarkan artikel ini
Kitab kuning
Foto bersama para juara lomba kitab kuning dengan panitia

Kitab kuning mengajarkan Islam yang penuh dengan kedamaian. Kitab kuning mempunyai kontribusi penting dalam merekonstruksi tumbuh kembangnya Islam yang ramah.

Di dalam kitab kuninglah Islam yang rahmatal lil’ alamin dijabarkan secara detail yang kemudian dalam konteks keindonesiaan dikenal dengan istilah Islam nusantara.

Scroll untuk melihat berita

Menurut Mohamad Amin Fitriyadi, Ketua Panitia harlah, kitab kuning merupakan salah satu landasan penting cara berpikir para ulama NU dalam memahami Islam secara komprehensif.

Kalangan pesantren harus mempertahankan nilai-nilai lama yang baik menciptakan hal-hal yang lebih baik lagi.

Keduanya harus dilakukan dengan masih berpegangan dengan nilai-nilai luhur yang ada pada masa lalu.

“Kitab kuning adalah kitab yang menjadi materi pokok di pondok pesantren sejak dulu. Dan kitab kuning itulah yang menjadi konstruksi berpikir para ulama seperti Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Wahab Hasbullah, Kiai Kholil Bangkalan, Kiai Hamid Pasuruan, Kiai As’ad Syamsul Arifin, Kiai Mahfudz Somalangu dan lain sebagainya,” ucapnya.

Di penghujung, Adi menjelaskan, ada 3 juara yang terpilih dalam lomba ini, yakni, juara 1 PAC GP Ansor Klirong, juara 2 Yayasan Al-Kautsar dari MAN l Kebumen, dan juara 3 PAC GP Ansor Kecamatan Alian.

“Semoga adanya kegiatan ini bisa menjadikan GP Ansor terus digdaya dalam berkhidmah dan digdaya dalam kebermanfaatan bagi masyarakat, lingkungan, dan bangsa serta negara,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *