Seni Budaya

Bupati Jember Kunjungi Situs Candi Deres, Ingin Tetapkan Hari Budaya

389
×

Bupati Jember Kunjungi Situs Candi Deres, Ingin Tetapkan Hari Budaya

Sebarkan artikel ini
Candi Deres
Hendy Siswanto mendengarkan penjelasan budayawan lokal tentang Candi Deres. (Foto: Guntur Rahmatullah/Berita Bangsa)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Di sela rangkaian Jember Berbagi, Bupati Jember Hendy Siswanto mengunjungi situs Candi Deres, Desa Purwoasri, Kecamatan Gumukmas, Jumat 14 April 2023.

Di sana, Hendy mendengarkan penjelasan tentang Candi Deres dari para pegiat budaya setempat.

Scroll untuk melihat berita

Ia menyampaikan keinginannya untuk memajukan kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Jember.

“Kami ingin menghidupkan kembali, menggali kembali sejarah dan kekuatan budaya yang ada di Jember, kita punya banyak kearifan lokal, banyak artefak, candi, dan di belakang kami ini Candi Deres dan ini salah satu bukti sejarah bahwa terdapat kerajaan di Jember, tidak hanya kerajaan Sadeng saja, ada kerajaan lain menurut temen-temen budayawan, akademisi maupun sejarawan di Jember,” ungkap Hendy.

Setelah lebaran, Hendy akan mengumpulkan para budayawan, akademisi serta sejarawan lokal untuk mengumpulkan pokok pikiran dalam upaya langkah pemajuan kebudayaan dan selanjutnya akan disusun menjadi naskah pokok pikiran kebudayaan daerah untuk pencanangan Hari Budaya Kabupaten Jember.

“Kenapa saya ingin ada Hari Budaya Kabupaten Jember, untuk memberikan motivasi kepada anak-cucu kita tentang budaya, budaya adalah perekat bangsa,” lanjutnya.

Setelah para budayawan, akademisi dan sejarawan telah menetapkan pokok pikiran dan objek kebudayaan yang dimiliki Kabupaten Jember, Hendy akan mewajibkan seluruh siswa-siswi di Kabupaten Jember untuk melakukan napak tilas kebudayaan Jember.

“Supaya terbuka, generasi kita paham dengan kebudayaan lokalnya,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *