Pariwisata

Kembangkan Sektor Pariwisata Gubernur Khofifah Tekankan Semangat IKI

171
×

Kembangkan Sektor Pariwisata Gubernur Khofifah Tekankan Semangat IKI

Sebarkan artikel ini
pariwisata.

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Potensi wisata Jatim tersebar di 1.516 destinasi. Untuk memaksimalkan potensi itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya pendekatan inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) di sektor pariwisata.

“Menghadapi dinamika perubahan global, maka orang bertanya bagaimana cara menghadapinya, bagi Jawa Timur ” IKI” jawabane.

Scroll untuk melihat berita

Berarti harus ada inisiatif, kolaborasi , dan inovasi dalam menghadapi berbagai masalah, termasuk dalam.pengembangan sektor pariwisata.

Demikian diungkapkan saat membuka Bursa Pariwisata Jatim 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (3/2) malam.

Khofifah menyebut, IKI jadi solusi menghadapi ketidakpastian dunia. Sehingga, semua pihak harus berani menjalin kolaborasi dan berinovasi.

“Maka dari itu, saya berharap seluruh insan pariwisata di Jawa Timur dapat membangun partnership dengan daerah-daerah dan negara – negara lain untuk meluasjan jejaring kepariwisataan . Bagaimana kita saling bertukar skill, akses, dan penguatan SDM di masing-masing entitas kepariwisataan,” jelas Khofifah.

Untuk memaksimalkan potensi yang ada, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengupayakan berbagai program.

Di luar itu Jawa Timur memiliki 596 desa wisata dan didorong agar menjadi Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera (Dewi Cemara).

“Rata-rata desa wisata yang berkembang dan maju adalah yang hati kepala desanya ada di desa wisata tersebut. Setiap kali selalu ada spot pariwisata baru yang orang selalu mencari dan tidak pernah bosan untuk kembali ke desa tersebut,” tuturnya.

Lebih jauh, mantan Menteri Sosial itu mengatakan, banyak sekali potensi daerah yang bisa digali melalui Bursa Pariwisata Jatim ini. Ia berharap, terjalin sinergitas antara semua pihak untuk menyukseskan acara.

“Banyak sekali proses yang bisa kita bangun untuk bisa saling menguatkan dan meningkatkan seluruh potensi yang bisa kita maksimalkan. Tentunya ini hanya bisa diwujudkan dengan kerjasama Bapak Ibu sekalian. Kembali saya sampaikan terima kasih. Mudah-mudahan semuanya sukses, lancar, dan tentu bahagia,” pesannya.

Sebagai informasi, bursa wisata Jatim 2023 ini diikuti total ada 94 booth yang tersebar di Grand Atrium Pakuwon Mall. Pada pameran yang diadakan 3-5 Maret 2023 itu, sementara, ada 89 industri pariwisata yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Antara lain desa wisata, sister province, Taman Nasional Ijen, hotel, resort, perbankan, media tourism, resto, dan transportasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *