Kesehatan

Komitmen Cegah Stunting, Pemkab Bojonegoro Bagikan TTD

54
×

Komitmen Cegah Stunting, Pemkab Bojonegoro Bagikan TTD

Sebarkan artikel ini
TTD
Tampak Bupati Anna Beserta Remaja Berprestasi Sedang Mengabadikan Moment Kegiatan ABSEIP

BOJONEGORO.ID – BOJONEGORO – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah ditemani Ali Dupa -suami- dan ratusan remaja putri menghadiri kegiatan aksi bergizi sekolah dan edukasi isi piringku, Sabtu (25/2/23) di GOR Dabonsia Kecamatan Dander.

Kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, mengusung tema “Remaja Keren, Sehat, Berprestasi Tanpa Anemia.”

Scroll untuk melihat berita

Hadir dalam acara itu Kepala Dinas Kesehatan Ani Pujiningrum, seluruh kepala OPD, dan Kepala Puskesmas se-Kabupaten Bojonegoro.

Acara ini dimaksudkan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat terutama remaja akan pentingnya gizi seimbang dan pencegahan anemia.

Bupati Anna, mengajak para remaja putri untuk lebih memperhatikan gizi dan kesehatannya guna memperbaiki generasi akan datang.

“Perempuan akan mengalami kehamilan dan akan menjadi ibu. Maka dari itu perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan keadaan kesehatannya,” ujarnya, dalam sambutan.

Dalam acara yang dikemas dengan senam bersama ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis tablet tambah darah (TTD) dan menu isi piringku oleh Bupati Bojonegoro.

Kegiatan ini digelar sebagai upaya pencegahan stunting di masa pra-nikah, perubahan perilaku positif dengan membudayakan aktivitas fisik, dan edukasi gizi dengan membiasakan sarapan pagi sebagai energi awal.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 490 remaja putri, siswi SMP/MTs dan SMA/SMK/MA di wilayah Kabupaten Bojonegoro ini berlangsung meriah dengan hiburan live band.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kadar hemoglobin untuk mendeteksi anemia pada remaja putri.

Sedangkan, Kepala Dinas Kesehatan Ani Pujiningrum menganjurkan para remaja putri untuk minum TTD sekali dalam seminggu demi pencegahan anemia. Selain itu juga untuk memperhatikan makan dengan pola gizi seimbang.

“Adik-adik remaja putri akan mendapatkan TTD setiap minggu satu butir, sehingga dalam satu tahun akan minum sebanyak 52 butir tablet yang secara keilmuan upaya ini dapat mencegah anemia,” katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Bojonegoro terutama remaja putri akan pentingnya gizi seimbang dan pencegahan anemia.

Selain itu juga sebagai langkah memperkuat upaya nasional dalam mengatasi masalah anemia dan stunting di Indonesia.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *