Pariwisata

Era Blue Economy, Khofifah dan Bupati Trenggalek Tanam Terumbu Karang dan Apartemen Ikan

180
×

Era Blue Economy, Khofifah dan Bupati Trenggalek Tanam Terumbu Karang dan Apartemen Ikan

Sebarkan artikel ini
Terumbu karang
Gubernur Khofifah saat memulai memasang terumbu karang

BERITABANGSA.ID, TRENGGALEK – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin menanam terumbu karang di Kawasan Pantai Mutiara Trenggalek, Selasa (21/2).

Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk membawa Jawa Timur ke era Blue Economy.

Scroll untuk melihat berita

Blue Economy ini adalah pemanfaatan sumber daya laut yang memperhatikan keberlangsungannya.

“Imbasnya, pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan, dan lapangan kerja di lingkungan bahari berdampak positif pada kesehatan ekosistem laut,” katanya.

“Tata ruang laut ini kita coba kembangkan di Kawasan Pantai Mutiara, Pantai Prigi dan area Trenggalek. Ekosistem laut ini bisa menjadi pintu masuk untuk transisi ke Blue Economy,” lanjutnya.

Di Pantai Mutiara, Gubernur Khofifah memperhatikan dan terlibat secara langsung dalam proses penyiapan terumbu karang untuk ditanam di dasar laut.

Tak berhenti di sana, rombongan lalu ke Rumah Apung dan Keramba Jaring Apung, Rehabilitasi Terumbu Karang, Rumah Ikan dan Underwater Restocking menumpangi perahu cadik.

Didampingi Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin Mantan Mensos RI itu menyaksikan langsung proses penanaman terumbu karang.

Berbeda dari biasanya, media dasar penanaman itu berbentuk hati. Ini menyimbolkan cinta masyarakat Jatim, terutama Gubernur Khofifah, kepada alam dan laut beserta biota di dalamnya.

“Ini bentuk dasar media tanamnya menarik sekali. Bentuknya hati, cinta. Ini melambangkan cinta kita semua terhadap terumbu karang dan ekosistem laut di sekitar kita,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *