Opini

Usia 76 Tahun Jadi Momentum HMI Semakin Berjaya

283
×

Usia 76 Tahun Jadi Momentum HMI Semakin Berjaya

Sebarkan artikel ini
HMI 76
Raihan Ariatama

Kesadaran baru

Apa yang bisa dilakukan HMI agar tidak terjebak dalam pusaran pergolakan internal? Adalah membangun kesadaran baru yang mengedepankan kolaborasi ketimbang konflik, mengutamakan komunikasi ketimbang saling mengintrik, dan mendahulukan menahan diri ketimbang berkonfrontasi.

Membangun kesadaran baru di himpunan dapat ditempuh dengan membentuk ekosistem keadaban berorganisasi yang ditunjang oleh beberapa unsur, yaitu komunikasi yang empatik, saling memahami hak dan kewajiban, bertindak adil dan rasional serta budaya mengendalikan diri.

Scroll untuk melihat berita

Dengan ekosistem keadaban berorganisasi yang terbentuk, maka akan terjadi pergeseran paradigma (paradigm shift) dalam mengelola organisasi, dari paradigma konflik ke paradigma kolaborasi.

Karena ini menyangkut pembentukan kesadaran, yang berarti satu tarikan nafas dengan pembentukan karakter kader, maka tidak dapat dilakukan dalam jangka pendek, tetapi dilakukan secara berkesinambungan dalam waktu yang tidak sebentar. Membangun kesadaran baru harus terintegrasi ke dalam kurikulum perkaderan HMI di semua jenjang pelatihan.

Dengan kata lain, training-training di HMI diarahkan untuk membangun kesadaran baru tersebut, sehingga mentalitas konflik dapat dikikis secara perlahan dan generasi konflik dapat segera digantikan dengan generasi kolaboratif.

Alhasil, HMI dapat meneguhkan dirinya sebagai organisasi transformatif, yang selalu agile dan adaptif terhadap perubahan serta senantiasa menjadi lentera di tengah kekalutan persoalan bangsa.

Persoalan kesenjangan ekonomi, kerusakan lingkungan, politik identitas dan lain sebagainya sedang menanti sentuhan pemikiran HMI. Karena itu, momentum dies natalis HMI yang ke-76 ini adalah momentum yang tepat bagi HMI untuk ‘keluar dari tempurung’ pergolakan internal, agar bisa menelurkan gagasan yang cemerlang untuk menyongsong masa depan peradaban bangsa yang lebih maju.

oleh: Raihan Ariatama (*)

(*) Penulis adalah, Ketua Umum PB HMI Periode 2022-2023

Tulisan Opini ini sepenuhnya tanggung jawab penulis dan tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi beritabangsa.id

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *