Pemerintahan

Lagi, Khofifah Raih Penghargaan Pembina Penyuluh Kehutanan

142
×

Lagi, Khofifah Raih Penghargaan Pembina Penyuluh Kehutanan

Sebarkan artikel ini
Kehutanan

Saat ini di Jatim tercatat ada 5.305 lembaga KTH dengan keanggotaan 238.455 KK.

Sementara LMDH mitea Perum Perhutani melakukan pengelolaan kawasan hutan sebanyak 1.829 lembaga, dengan anggota 544.050 KK.

Scroll untuk melihat berita

Menurutnya, para penyuluh kehutanan ini juga memiliki peran dalam upaya menghadapi perubahan iklim global melalui edukasi dan literasi kepada masyarakat.

Diperlukan berbagai upaya konsolidasi, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim sebagaimana rencana aksi yang sudah ditetapkan pemerintah.

Untu itu, Pemprov Jatim menyambut baik inisiasi Kementerian LHK dengan program Indonesia Forestry and Other Land Use (FOLU) Net-Sink 2030.

Di mana pemerintah telah menetapkan tingkat serapan karbon sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya sudah berimbang atau bahkan lebih tinggi dari tingkat emisi yang dihasilkan sektor tersebut pada tahun 2030.

“Kita tahu bersama bahwa sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya ini penyerap karbon terbesar di Indonesia dibanding sektor lainnya. Kami siap bersinergi untuk rencana aksi percepatan dan implementasi langkah-langkah mitigasi yang telah ditetapkan pemerintah pusat. Kami juga terus melakukan berbagai upaya pemulihan ekosistem melalui berbagai gerakan penanaman pohon dan nandur mangrove sebagai upaya sedekah oksigen di berbagai wilayah di Jatim,” katanya.

“Kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan juga terus dilakukan. Kami juga sedang berupaya mempertahankan luasan tutupan kawasan dan hutan di Jawa Timur sebagaimana amanah undang-undang, agar serapan emisi gas rumah kaca di Jawa Timur dapat lebih optimal,” imbuhnya.

Gubernur Khofifah mengaku memiliki tradisi menanam setiap tahun saat bertambah usia. Bahkan saat anaknya lahir, ia selalu menaman satu jenis pohon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *