Pendidikan

Rumah Baca KITA Banyuwangi Ajak Anak-anak Gemar Membaca

71
×

Rumah Baca KITA Banyuwangi Ajak Anak-anak Gemar Membaca

Sebarkan artikel ini
Rumah Baca KITA
Rumah Baca KITA Banyuwangi menjadi wadah bagi anak-anak agar berkegiatan positif di waktu luangnya

BERITABANGSA.COM – BANYUWANGI– Rumah Baca KITA Banyuwangi (RBK BWI) adalah wadah literasi yang digagas oleh Pengurus Paguyuban Perumahan Brawijaya Regency Banyuwangi.

RBK diperuntukkan bagi anak-anak agar mempunyai kegiatan yang bermanfaat, seperti membaca buku dan menceritakan kembali isi buku yang dibaca.

Scroll untuk melihat berita

Harapannya melatih mereka memahami apa yang dibacanya.

RBK Banyuwangi diresmikan bertepatan dengan Hari Pahlawan, 10 November 2022 oleh Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Banyuwangi, Hadi Santoso.

Ketua RB KITA Banyuwangi, M Fuad Alharis menjelaskan, RBK Bwi ini telah menjalin kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banyuwangi sehingga RBK Bwi bisa mendapat pinjaman 100 buku yang bisa ditukar dengan buku lain setiap bulannya.

“Keberadaan Rumah Baca ini juga berkat kolaborasi dengan Ibu-ibu PKK Perumahan Brawijaya Regency yang bersedia menjadi relawan di Rumah Baca untuk menjaga dan mengajar di RBK Bwi setiap hari pukul 15.30-17.00 WIB,” terang Fuad.

Ia menyampaikan, Rumah Baca KITA merupakan kepanjangan dari Akrab Literasi Giat Aktivitas Anak (KITA).

Selain membaca dan bercerita, Relawan RBK Bwi juga mengajari origami, menggambar, bernyanyi, berpuisi, serta bermain musik untuk menumbuhkan life skill bagi anak.

“Mereka juga dapat bermain mainan tradisional di sini, seperti bola bekel, dakon, lompat tali” lanjut Fuad.

Adanya RBK Bwi diharapkan bisa mengurangi ketergantungan anak-anak terhadap gadget.

Seperti diketahui, di zaman yang modern dan serba digital ini, kebanyakan anak-anak menghabiskan waktu luangnya dengan gadget. Mereka berkumpul membawa handphone masing-masing untuk mabar atau main game bareng.

Selain ditujukan bagi anak-anak, RB Kita Banyuwangi juga menyediakan aneka buku menarik untuk untuk ibu-ibu , agar ibu juga bisa membaca buku sambil menunggu anak beraktivitas di Rumah Baca KITA Banyuwangi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *