Pendidikan

SMK PK Itu Apa? Expo dan Expose Produk Inovasi

57
×

SMK PK Itu Apa? Expo dan Expose Produk Inovasi

Sebarkan artikel ini
SMK PK
Gubernur Jawa Timur saat Expo dan Expose SMK PK

BERITABANGSA.COM-SURABAYA– SMK Pusat Keunggulan (SMK PK), program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu.

Program unggulan Kemdikbud Ristek ini menargetkan lulusan sesuai tuntutan dunia industri, dunia usaha, dan dunia kerja (Dudika).

Scroll untuk melihat berita

Selain pilot projek SMK-PK juga menjadi rujukan bagi SMK lain mendongkrak pendidikan vokasi, baik hard skill dan soft skill.

Untuk itu Dinas Pendidikan Jawa Timur menggelar Expo dan Expose SMK PK, pada 27-31 Oktober 2022, yang dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Jumat, 28 Oktober 2022.

Sebanyak 204 SMKPK mengikuti unjuk karya inovasi SMK untuk menarik Dudika dan entrepreneur.

Di sini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menjabarkan salah satu tantangan SMKPK adalah meningkatkan kualitas dan kinerja lembaga pendidikan agar lulusannya banyak diserap Dudika.

“Saya berharap semua SMK Pusat Keunggulan dapat mengimbaskan program-programnya ke semua SMK di Jawa Timur lainnya, 2.150 SMK, terdiri 298 SMKN dan 1.852 SMK swasta,” paparnya.

Mantan Mensos Kabinet Kerja era Jokowi ini, mengharapkan SMKPK menjadi solusi ketenagakerjaan. Ia menambahkan SMK PK mau berbagi pemakaian peralatan dan sarana belajar bagi SMK lain.

“Jangan hanya antar SMK-PK, SMK-PK juga harus bekerjasama dengan SMK Non PK untuk melakukan pemetaan kebutuhan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Dudika. SMK PK harus menjadi agen perubahan, game changer, mendorong perubahan mindset SMK di sekitarnya,” tukasnya.

Pada 2022 sebanyak 229.049 siswa lulus SMK. Di mana 99.716 siswa dari SMK Negeri dan 129.333 siswa dari SMK Swasta. Banyaknya lulusan ini tegas Khofifah diharapkan menjadi modal utama pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“SMK Pusat Keunggulan juga harus mampu menjadi penggerak pelaksanaan kurikulum merdeka, saat ini SMK-SMK di Jatim merupakan pelaksana IKM terbanyak diantara provinsi lainnya,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *