Daerah

Kerajaan Jenggala Muncul di Karnaval Desa Lebo

215
×

Kerajaan Jenggala Muncul di Karnaval Desa Lebo

Sebarkan artikel ini
Karnaval
Penampilan RW 2 Desa Lebo dengan Kostum Kerajaan Jenggala di acara Karnaval

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO- Dua tahun usai pandemi, kini Pemerintah Desa Lebo, Kecamatan Sidoarjo Kota, menggelar karnaval, Minggu (28/08/2022).

Ratusan warga tumpah rumah mengikuti Karnaval dan unjuk kebolehan kreasi kelompok RT di RW 1 dan 2 berupa pakaian adat istiadat dan budaya nusantara.

Bahkan seolah ada kerajaan Jenggala di karnaval yang digelar RW 2 ini, lengkap dengan baju kemilau perhiasan laksana raja Jenggala.

Bambang Sugiharto, peserta karnaval mengaku RW 2 kompak mengangkat tema kerajaan Jenggala agar masyarakat tidak lupa sejarah kerajaan Jenggala itu ada di Sidoarjo.

“Warga Desa Lebo pasti all out mengedepankan guyup rukun antar sesama warga, sehingga Desa Lebo lebih dikenal dibanding Desa lain yang ada di Sidoarjo,” katanya kepada Beritabangsa.com.

Pelaksanaan karnaval ini mengambil garis start di depan Balai Desa Lebo, lalu mereka jalan dan interaksi dengan warga di sepanjang jalan kurang lebih 4 kilometer.

Dari penampilan yang memukau karnaval tahun ini, selain tema kerajaan Jenggala ada juga atraksi menonjol tiap RT dibarengi suara sound system yang memekakkan telinga.

Sementara itu Kepala Desa Lebo, Mahmudi Riyanto mengatakan memperingati HUT ke-77 RI ini sekaligus mempertahankan budaya asli Sidoarjo untuk menggairahkan masyarakat pasca pandemi Covid-19.

“Sehingga dengan adanya pawai ini kembali ada relaksasi untuk masyarakat dalam menyambut 77 tahun HUT RI,” ujar Mahmudi.

Mahmud Riyanto sendiri mengenakan pakaian adat Jawa Timur. Ia mengingatkan masyarakat, jika Indonesia ada yang namanya kebhinekaan. Menjaga dan menghargai budaya di Indonesia.

Sementara Moch. Sochib selaku anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Fraksi Nasdem yang juga asli penduduk Desa Lebo mengapresiasi warga dan pemerintah desa dalam memeriahkan HUT ke-77 RI ini.

“Saya berharap kegiatan seperti ini setiap tahun harus digelar guna menghormati perjuangan para pahlawan kemerdekaan yang sampai hari ini bisa kita rasakan bersama,” pungkas Sochib.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *