Ekonomi dan Bisnis

OK OCE Syam Fasilitasi Pelatihan Barista dari Kemenparekraf

77
×

OK OCE Syam Fasilitasi Pelatihan Barista dari Kemenparekraf

Sebarkan artikel ini
OCE
Ketua OK OCE Syam Pusat, Reny Widya Lestari saat memberikan sambutan

BERITABANGSA.COM-JEMBER – OK OCE gelar pelatihan barista coffee dan cacao bersama OK OCE Syam bertempat di kantor Bakorwil Jember, Minggu (7/8/2022).

Menurut Ketua OK OCE Syam Pusat, Reny Widya Lestari, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan bisnis masyarakat Indonesia di bidang perkopian.

Scroll untuk melihat berita

Perlu diketahui, Indonesia ini merupakan negara pengonsumsi kopi terbesar kedua di dunia dengan total 4,55 juta karung kopi (berukuran 60kg)? Maka dari itu, kopi jadi komoditi yang sangat menguntungkan di dunia bisnis.

“Dengan memanfaatkan komoditi kopi, maka bisa membuka lapangan kerja seperti menjadi barista dan mengelola usaha warung kopi modern,” kata Reny.

Kata Reny, ada manfaat mengikuti pelatihan barista ini, yakni siap menjadi barista dan mampu mengelola, sekaligus mengembangkan usaha gerai kopi racikan sendiri secara modern.

“Peserta akan mengetahui seluk beluk perkopian, mulai dari jenis-jenis kopi yang ada di dunia,” paparnya.

Selain itu, dikatakan pengurus IWAPI, peserta akan memahami berbagai aroma dan karakter kopi dan lebih terampil dalam meracik dan membuat kopi.

“Dan ini yang paling penting, yaitu bagaimana barista dapat membuat racikan dan seduhan kopi aromatik yang punya ciri khas. Melalui kursus barista, peserta dapat mempelajari sekaligus mempraktikkan cara membuat kopi manual dan membuat kopi menggunakan mesin,” ujarnya lagi.

Reny berharap, semua peserta mendapatkan ilmu tentang bisnis kopi, dan tidak sedikit kursus-kursus bertema kewirausahaan di gelar saat ini, namun pada pelatihan tertentu tentang kebaristaan ada materi yang khusus membahas peluang dan pengembangan usaha warung kopi.

“Ilmu yang penting yaitu bagaimana memulainya, bagaimana menganalisa untung ruginya, serta bagaimana mengelola gerai kopi hanya dengan modal tipis,” tambahnya.

Sementara itu, seorang peserta yang mengikuti pelatihan asal Kabupaten Lumajang, Muja, merasa senang adanya ilmu yang didapatkan kali ini.

“Saya merasa senang dapat ilmu barista ini, sebab hal ini akan meningkatkan perform dalam kedai kopi yang saya kelola,” ucapnya.

Muja sangat berterimakasih kepada Kemenparekraf yang telah memfasilitasi kegiatan ini bersama OK OCE Syam.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *