Daerah

Uang PIP di Bondowoso Cair, Bupati Ungkap Sejumlah Pesan

19
×

Uang PIP di Bondowoso Cair, Bupati Ungkap Sejumlah Pesan

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO- Dana Program Indonesia Pendidikan (PIP) di Kabupaten Bondowoso, saat ini memasuki tahapan pencairan.

Bupati Bondowoso, Salwa Arifin memberi pesan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Bondowoso sebagai pengelola PIP, dan bank penyalur.

“Kami harap mendukung terlaksananya PIP, dengan meningkatkan mutu pelayanannya,” ungkap Bupati, di acara pendampingan percepatan pencairan PIP jenjang pendidikan dasar 2022 di Aula BRI Cabang Bondowoso, Selasa (26/7/2022).

Bupati Salwa juga mengingatkan para orang tua murid, agar dana PIP yang diterima, dipergunakan secara tepat, untuk dapat meringankan biaya pendidikan.

“Baik biaya langsung maupun tidak langsung, hal ini agar anak usia sekolah dapat menikmati proses pendidikan secara menyeluruh,” pesannya.

Kata Salwa, PIP merupakan salah satu program Nawa Cita Presiden Republik Indonesia, berupa bantuan uang tunai, perluasan akses dan kesempatan belajar kepada peserta didik.

Tujuannya, untuk menghilangkan hambatan ekonomi siswa dalam bersekolah. Sehingga tidak ada lagi siswa berpikir untuk berhenti sekolah.

“Selain menghindari anak putus sekolah, program PIP ini juga dibuat untuk bisa menarik kembali siswa yang telah putus sekolah agar kembali bersekolah,” jelasnya.

Kata dia PIP ini tak hanya tentang biaya administrasi, namun juga untuk membantu siswa memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran.

“Lebih luas lagi, program ini untuk mewujudkan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun dan pendidikan menengah wajib belajar 12 tahun,” urainya.

PIP dirancang, kata Bupati Salwa, untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin, rentan miskin, agar tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

“Baik melalui jalur pendidikan formal maupun pendidikan non formal,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *