Daerah

Harga Cabai Naik, Emak-emak di Jombang Beli Per Ons

27
×

Harga Cabai Naik, Emak-emak di Jombang Beli Per Ons

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Mendekati hari raya Idul Adha 1443 H, harga komoditi cabai masih melambung di pasaran Kabupaten Jombang. Emak-emak di Kota ini belinya pun mengurangi, ngecer per ons.

Pantauan Beritabangsa.com di Pasar Pon Jombang, harga cabai masih bertengger di angka Rp95.000 per kilogram. Akibatnya, pembeli di pasar ini mengeluh, mereka pun mengurangi pembelian.

Sopirin (34) pedagang sembako mengatakan, jumlah pembeli cabai di lapaknya masih stabil. Namun diakui, emak-emak lebih sering membeli cabai per ons daripada per kilogram.

“Harga cabai rawit sekarang masih naik, 90 ribu perkilogramnya. Jadi para pembeli banyak yang beli sedikit, per ons gitu, bahkan terkadang cuma beli cabai 5 ribu saja. Karena memang ya masih terlalu mahal,” ujarnya kepada Beritabangsa.com pada, Rabu (6/7/2022).

Tak hanya cabai rawit, pedagang asal Desa/Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang ini menyebutkan jika harga cabai merah juga mengalami kenaikan. Dari harga normal Rp60.000 bisa tembus Rp80.000 per kilogram.

“Kenaikan harga cabai ini sudah dari seminggu lalu. Kalau penyebab yang saya ketahui cuma, mungkin permintaan mengurang dan banyak petani yang gagal panen gitu saja,” jelasnya.

Sementara emak-emak pembeli di lapak Sopirin, Nurul (35) menilai jika harga cabai yang dibeli masih dinilai terlalu mahal. Dari itu, warga Desa Pulo, Kecamatan/Kabupaten Jombang ini memilih untuk membeli cabai hanya 1 ons saja.

“Masih Ngellu Mas, harga cabai sekarang ini masih mahal per kilonya. Makanya ini tadi cuma beli satu ons saja, harganya 10 ribu,” tuturnya.

Kendati masih mahal, Ibu rumah tangga ini tetap membeli cabai per dua hari sekali, karena cabai menjadi kebutuhan dapur untuk keluarga. Namun, pihaknya berupaya agar pemerintah bisa menstabilkan kembali harga cabai.

“Kalau harapannya, ya bagaimana di normalkan. Soalnya sekarang sulit mau beli cabai yang harga murah itu. Rata-rata semua sudah mahal,” bebernya.

Di Pasar Citra Niaga Jombang, harga cabai sama, masih melambung. Salah seorang pedagang, Susi (34) menjelaskan harga cabai di lapaknya masih dibanderol Rp90.000 hingga Rp95.000 per kilogramnya.

“Masih tetap sama seperti Minggu lalu. Kalau cabai di sini per kilogramnya 90 sampai 95. Kalau yang lain ada juga yang harganya juga naik, seperti bawang,” singkatnya.

Dari pantauan di pasar, komoditi lain yang harganya naik adalah bawang putih Rp18.000, bawang merah Rp10.000, tomat Rp20.000, daging ayam kampung Rp65.000, dan daging sapi Rp96.000 per kilogram.

Menjelang hari raya biasanya harga bahan menjulang. Kendati mahal, tidak sampai mengurangi jumlah pembeli. Hanya saja pembeli mengurangi pembelian.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *