Daerah

Porsadin Ajang Pencarian Bakat dan Silaturahmi

80
×

Porsadin Ajang Pencarian Bakat dan Silaturahmi

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.COM-SAMPANG – Kementerian Agama Kabupaten Sampang menggelar pekan olahraga dan seni antar diniyah (Porsadin) tingkat Kabupaten Sampang 2022, di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sampang, Jalan Jaksa Agung Suprapto nomor 88 Kabupaten Sampang, Senin (04/07/2022).

Kegiatan ini diikuti oleh peserta didik dari Madrasah Diniyah Takmiliyah 14 Kecamatan se-Kabupaten Sampang dan mempertandingkan 14 cabang seni dan olahraga diantaranya :

1. MTQ
2. MQK Safinatunnaja
3. Tahfidz Juz Amma
4. Puisi Islami
5. Kaligrafi
6. Murotal Wal Imla’
7. Cerdas Cermat
8. Pidato Bahasa Indonesia
9. Pidato Bahasa Arab
10. Catur Cepat
11. Bulu Tangkis Single
12. Bulu Tangkis Double
13. Lari Sprint 60m
14. Lari Sprint 80m

Turut hadir Kepala Kemenag Sampang Moh. Ersat, Kasi PD Pontren Kemenag Sampang, Imam Mahmudi, Ketua FKDT Kabupaten Sampang Achmad.l Sujak, Ketua Panitia Porsadin Junaidi Siddik, beserta anggota dan staff. Juga, pendamping dari masing-masing kontingen kecamatan, dan peserta.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sampang H Moh Ersat, dilanjut dengan pemberian nomor peserta secara simbolis.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Sampang Moh Ersat, menyampaikan, Porsadin 2022 selain kompetisi juga jadi ajang silaturahim antar lembaga atau madrasah dalam pencarian bakat dan bibit unggul di sejumlah cabor dan seni.

“Maka dari itu, Kemenag Kabupaten Sampang melalui Kasi PD Pontren ingin mengasah anak didik sejauh mana kegiatan di tiap madrasah,“ucapnya.

H Moh Ersat mengatakan sudah seharusnya Porsadin disambut meriah sebagai ajang silaturahmi. Kegiatan ini patut dijadikan ajang kompetensi sehat dalam mencari bakat murid Madrasah Diniyah Takmiliyah.

“Juga madrasah diniyah harus bersaing di bidang seni dan olahraga di Kabupaten Sampang. Karena nantinya bagi yang juara 1 di tingkat Kabupaten, akan dikirim ke tingkat Provinsi dan seterusnya. Agar bisa bersaing dengan lembaga atau madrasah lain di Jawa Timur terlebih tingkat nasional,“ jelasnya.

“Semoga kegiatan Porsadin ini, dapat mengambil hikmahnya, untuk perbaikan di ajang Porsadin berikutnya, dan semoga anak didik yang ada di madrasah para kiai atau para asatiz, bisa mencetak lulusan yang profesional, berguna bagi masyarakat, agama, nusa dan bangsa,“ sambung Ersat.

Di tempat yang sama, Kasi PD Pontren, Imam Mahmudi, mengatakan, Porsadin digelar atas instruksi Kepala Kemenag Sampang, dan atas izin Allah SWT acara terlaksana lancar.

“Besar harapan semoga adanya kegiatan ini, dapat memberi pelajaran mental terhadap peserta didik di lingkungan diniyah takmiliyah Sampang. Santri untuk Indonesia, bersama madrasah diniyah membangun karakter bangsa, kembangkan potensi diri raih prestasi,“ tutupnya.

>>>ikuti berita lainnya di news google beritabangsa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *