Pendidikan

Kampus 5 Unesa Magetan Diresmikan, Pemkab Sebut Dampak Ekonomi Sudah Terasa

57
×

Kampus 5 Unesa Magetan Diresmikan, Pemkab Sebut Dampak Ekonomi Sudah Terasa

Sebarkan artikel ini
unesa
Peresmian Unesa Oleh Rektor Nurhasan dan pemotongan Tumpeng

BERITABANGSA.ID, MAGETAN —Pimpinan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) meresmikan Kampus 5 Magetan sekaligus pembukaan masa pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) pada Sabtu, 24 Agustus 2024.

Peresmian ini dihadiri jajaran pemerintah kabupaten dan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Magetan, bersama ribuan warga sekitar.

banner 300600

“Akhirnya 1054 mahasiswa yang melakukan PKKMB ini bisa menempati gedung yang megah dan menjadi kebanggaan masyarakat Magetan,” ucap Sarmini, Direktur Unesa Kampus 5 Magetan saat pembukaan.

Ia menambahkan, Kampus 5 ini merupakan wujud sinergi Unesa dan Pemkab Magetan dalam menyiapkan akses pendidikan tinggi untuk mewujudkan SDM unggul Indonesia Emas 2045.

“Kampus ini merupakan wujud kolaborasi membangun peradaban dari daerah. Kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat selama ini,” ucap guru besar Unesa ini.

Rektor Unesa, Nurhasan biasa disapa Cak Hasan, mengatakan, kampus yang menjadi ‘ikon-nya’ Kabupaten Magetan ini dibangun atas dasar kebutuhan dan tuntutan pembangunan SDM guna mendorong kemajuan daerah, Magetan dan sekitarnya.

Kehadiran Unesa di Magetan didukung penuh jajaran Pemkab dan masyarakat sekitar.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat tinggi. Kalau kita lihat hari ini ribuan warga hadir jalan sehat bersama. Begitu pun dengan minat pendaftar yang tinggi, tapi kita batasi jumlahnya agar seimbang. Mudah-mudahan ke depan bisa bangun gedung lagi dan infrastruktur tambahan lainnya,” ucap Cak Hasan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Magetan, Hergunadi mengapresiasi kehadiran kampus ‘Rumah Para Juara’ di Magetan yang merupakan wujud komitmen pimpinan Unesa bersama Pemkab Magetan dalam membuka kesempatan yang luas kepada putra-putri daerah untuk mendapatkan pendidikan tinggi yang layak.

Kampus yang diluncurkan secara akbar ini tidak hanya simbol pembangunan fisik, tetapi juga wujud pembangunan SDM daerah yang unggul.

“Dampak perkembangan ekonomi oleh kehadiran Unesa di Magetan mulai terasa. Warga yang jadi pelaku usaha bertambah, daya beli meningkat. Saya yakin, 5 sampai 10 dan 15 tahun ke depan akan semakin terlihat dampaknya, bahkan di sektor pariwisata,” ucapnya.

Agenda peluncuran akbar ini diisi berbagai kegiatan; dimulai jalan sehat, penandatanganan prasasti dan MoA (Memorandum of Agreement) dan puncaknya yaitu pemotongan tumpeng dan pelepasan burung merpati.

Acara peluncuran yang dikemas dengan meriah ini memberikan kesan tersendiri bagi mahasiswa baru.

Salah satu mahasiswa baru, Azhaera Putri Zaharlian, dari Prodi S-1 Manajemen, merasa bangga dan percaya diri menjadi mahasiswa baru Unesa di Kampus 5 Magetan.

“Saya terkesima dengan kampusnya yang bagus dan estetik. Taman-taman, dan fasilitasnya lengkap dan modern. Kelasnya ada AC, semua ada LCD dan masih banyak lagi. Awalnya saya deg-deg-an pas tes, alhamdulillah saya diterima di sini,” ucap perempuan asal Madiun tersebut.

Hal yang sama disampaikan Andini Desinta Purnamawati. Mahasiswi baru Prodi S-1 Ilmu Komunikasi itu mengaku senang bisa menjadi bagian dari keluarga besar Unesa.

Menurutnya, suatu kebanggaan bisa kuliah di Unesa Kampus 5 Magetan dengan lingkungan yang kondusif, asri dan pemandangan yang bagus.

“Hamparan persawahan dan pemandangan gunungnya bagus banget. Apalagi kalau pagi dan sore atau senja, bagus. Apalagi yang kuliah di sini juga banyak dari luar daerah, Bali bahkan ada yang asal NTT (Nusa Tenggara Timur). Jadi banyak teman, bikin semangat dan betah di kampus,” ucapnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *