Terkini

Ikatan Penyuluh KB Rayakan HUT ke -17 Gelar Roadsos dari Banyuwangi hingga Yogyakarta

30
×

Ikatan Penyuluh KB Rayakan HUT ke -17 Gelar Roadsos dari Banyuwangi hingga Yogyakarta

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur menggelar roadshow dan bakti sosial (Roadsos) bertema Ayo Cegah Stunting, start Kabupaten Banyuwangi hingga finish di Yogyakarta.

Roadsos ini merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79 dan sekaligus menyambut HUT Ikatan Penyuluh KB (IPLKB) dan dilepas langsung oleh Kepala BKKBN Jatim Maria Ernawati, di Kabupaten Banyuwangi.

banner 300600

“Roadshow ini adalah bertujuan untuk mensosialisasikan terkait bagaimana cara pencegahan stunting, kemudian program Bangga Kencana, yaitu pelayanan KB. Dan saat ini kita juga sedang melaksanakan pendataan keluarga (PK) 2024,” ujarnya, Selasa (20/8/2024).

Maria menerangkan, tiap lima tahun sekali BKKBN Jatim mengupdate pendataan keluarga (PK) yang pendataannya by name by address ini menjadi dasar dalam pembuatan kebijakan guna mengintervensi sasaran yang tepat.

“Oleh karena itu, saya berharap, bahwa roadshow penyuluh KB dan bakti sosial ini bisa terlaksana dengan baik,” terangnya.

Maria menegaskan, kegiatan ini sekaligus untuk menggerakkan seluruh potensi sumberdaya di lapangan, seperti penyuluh KB dan dan IPLKB.

Selain itu, juga dapat memaksimalkan fungsi mobil penerangan (Mopeng) yang mengikuti roadshow.

“Dalam roadshow ini, bakti sosialnya adalah dengan memberikan bantuan sembako. Berupa telur, ada gula, yang diberikan kepada keluarga keluarga yang beresiko stunting, yaitu pengantin, ibu hamil, kemudian keluarga yang mempunyai balita,” ujarnya.

Roadshow ini akan melewati 9 daerah, mulai dari Banyuwangi – Jember – Lumajang – Malang – Blitar – Tulungagung – Trenggalek – Pacitan – Yogyakarta. Harapannya, target penurunan angka prevalensi stuntitng 14 persen pada 2024 ini dapat terwujud.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *