Terkini

Beragam Pakaian Adat Nusantara di Karnaval Budaya Jember

83
×

Beragam Pakaian Adat Nusantara di Karnaval Budaya Jember

Sebarkan artikel ini
Karnaval budaya
Bupati Jember Hendy Siswanto dan istri (kedua dan ketiga dari kiri) tampil mengenakan baju perpaduan adat jawa dan madura dalam karnaval budaya Jember 2024

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Karnaval budaya yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, menampilkan beragam suku adat Nusantara, Sabtu 7 September 2024.

Dilepas langsung oleh Bupati Jember Hendy Siswanto, karnaval budaya ini diikuti 52 defile dari OPD Pemkab Jember, instansi pemerintah horizontal, kaum pelajar, instansi perbankan, melantai dari depan kantor UPTD pengujian kendaraan bermotor Dishub Jember sampai Kantor Pos Jember, dengan jarak sekitar 3 kilometer.

banner 300600

Seluruh peserta mengenakan baju adat nusantara, lengkap dengan beragam atraksi menarik. Ada yang menari tradisional, drama kolosal perjuangan rakyat lokal melawan penjajah, hingga beragam imbauan.

Bupati Jember Hendy Siswanto juga turun ke lintasan berjalan bersama ratusan peserta dari garis start hingga finish. Dia mengenakan baju bernuasana perpaduan suku jawa dan madura, lengkap dengan udeng atau ikat kepala yang unik.

Untuk baju yang dikenakan Bupati Hendy, bermotif lurik khas Jawa, dengan perpaduan warna merah marun dan hitam khas Madura, ditambah corak daun tembakau yang merupakan ciri khas Kabupaten Jember. Sedangkan celana berwarna hitam seperti celana sakera, dibalut warna emas.

“Hari ini kita buktikan kepada dunia bahwa budaya kita akan terus lestari, kita berjanji untuk terus mempertahankan nilai-nilai luhur yang diwariskan para leluhur kita. Melalui karnaval budaya ini pula, ekonomi kerakyatan berjalan, para pengusaha sewa baju adat laku semua, para perias laku semua, UMKM jalan, kita semua bahagia,” ujar Bupati Hendy Siswanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *