Keagamaan

Transformasi Manajemen Masjid, LTM PBNU Siap Training 1000 Takmir

119
×

Transformasi Manajemen Masjid, LTM PBNU Siap Training 1000 Takmir

Sebarkan artikel ini
LTM PBNU

“Tugas LTM PBNU adalah memfasilitasi ini,” tandasnya.

Berdasarkan data PBNU, total ada 700 ribu masjid di bawah NU. Pihaknya akan melakukan standarisasi berdasarkan klaster masing-masing.

banner 300600

“PBNU hadir untuk merawat dan memakmurkan masjid sebagai langkah menjaga peradaban. Total kami menargetkan 1.000 takmir pada periode pertama,” katanya.

Ketua Kanwil Kemenag Jatim Akhmad Sruji Bahtiar pada kesempatan yang sama mengucapakan terima kasih kepada PBNU atas terselenggaranya acara ini. Ia memastikan akan selalu bekerja sama dengan NU di berbagai tingkat. Mulai pusat hingga ranting.

“Ini tentunya bukan hal yang biasa bagi kami, karena yang hadir adalah para beliau-beliau yang akan menghiasi masjid di Jatim,” kata Kepala Kemenag Jatim.

Merawat Masjid Membangun Peradaban

Rais Aam PBNU KH Miftakhul Akhyar dalam tauziah mengungkapkan, bahwa masjid ibaratnya adalah parlemen yang anggotanya terdiri dari semua jenis manusia tanpa membedakan suku, kulit, warna maupun perbedaan kedudukan.

“(Mereka) Semua menjadi anggota parlemen yang dinamakan masjid. Bahkan siapa yang datang pertama kali tukang becak misalnya, dia berhak menempati shaf terdepan,” jelas KH Miftakhul Akhyar.

Masjid bukan hanya menjadi tempat salat, tetapi juga madrasah. Bahkan pada masa Rasulullah, masjid adalah tempat para jemaah, tempat menerima delegasi, hingga merawat korban perang. Dari sejarah itulah, PBNU ingin agar manajemen masjid makin meningkat.

“Menjadi takmir masjid adalah bagian tanda jika seseorang dicintai oleh Allah SWT,” ucapnya.

Oleh karena itu, pelatihan manajemen transformasi masjid dengan tema “Merawat Masjid Membangun Peradaban” ini dinilai adalah langkah baik sebagai bentuk hijrah memperbaiki manajemen masjid secara keseluruhan.

Sebab masjid adalah sumber kekuatan. PBNU akan mulai membangun kembali risalah masjid sebagaimana pada masa Rasulullah SAW.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *