Keagamaan

Transformasi Manajemen Masjid, LTM PBNU Siap Training 1000 Takmir

114
×

Transformasi Manajemen Masjid, LTM PBNU Siap Training 1000 Takmir

Sebarkan artikel ini
LTM PBNU

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Lembaga Takmir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU) menggelar seminar nasional dan pelatihan transformasi kemasjidan di Asrama Haji Surabaya, Sabtu (31/8/2024).

Seminar nasional dan pelatihan ini merupakan proyek perdana LTM PBNU mengingat masjid sebagai ujung tombak pelayanan umat selama 24 jam.

banner 300600

Akan ada seribu takmir terpilih sebagai agen perubahan masjid-masjid di bawah naungan NU. Sekaligus meneguhkan kembali dakwah Rahmatan Lil Alamiin.

Hadir dalam pembukaan seminar nasional, Rais Aam PBNU KH Miftakhul Akhyar, PWNU Jatim, Tanfidziah PBNU, Ketua Lembaga Takmir Masjid PBNU H Mohammad Mahdum, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Akhmad Sruji Bahtiar berkesempatan membuka acara.

Ketua LTM LPBNU H Mohammad Mahdum berharap para takmir bisa membuat masjid menjadi tempat yang selalu dirindukan dengan melakukan manajemen transformasi perubahan masjid.

Pilot Projects transformasi

Di mana 31 takmir dari 31 masjid kabupaten/kota terpilih di Jatim akan mengikuti training pada tahap pertama ini. Mereka menerima pelatihan langsung dari PBNU, Kementerian Agama, Kementerian Keuangan dan Kementerian BUMN.

Mereka juga akan menjadi pilot projects transformasi pengelolaan masjid di Jatim. Para peserta tersebut diharapkan dapat menjadi penggerak masjid-masjid NU. Dan ke depan akan ada 1000 takmir masjid menerima pelatihan serupa hingga akhir tahun nanti.

Implementasi pelatihan itu antara lain meliputi kebersihan masjid, langkah menciptakan masjid ramah perempuan dan ramah anak. Bukan sekadar pelatihan, namun juga diharapkan memberi dampak secara nyata. Termasuk melibatkan aspek optimalisasi zakat, infak sedekah dan digitalisasi. Bahkan diharapkan transfer keuangan dari lingkungan masjid yang berkemampuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *