Sejarah

Merawat Jejak Pemikiran Islam Nusantara: Putri Gus Dur di Jombang Ajak Generasi Muda Kunjungi Minha

122
×

Merawat Jejak Pemikiran Islam Nusantara: Putri Gus Dur di Jombang Ajak Generasi Muda Kunjungi Minha

Sebarkan artikel ini
putri gus dur

Ia juga mengingatkan bahwa sejarah ini tidak hanya relevan untuk masa lalu, tetapi juga untuk masa kini.

“Setelah kita paham sejarahnya, pertanyaannya adalah, kita sebagai manusia yang hidup di tahun 2024 ini, mau apa? Apa yang bisa kita lakukan ke depannya? Itu yang ingin kami tekankan,” tutur Inayah.

banner 300600

Ketika ditanya tentang relevansi pemikiran Gus Dur dalam demokrasi Indonesia saat ini, Inayah menegaskan bahwa pemikiran ayahnya masih sangat berpengaruh.

“Hampir semuanya masih relevan, bahkan mungkin semuanya masih relevan dengan kondisi demokrasi hari ini. Seperti yang kita tahu, Gus Dur sudah membicarakan hal-hal ini sejak tahun 80-an, 90-an,” jelasnya.

Inayah juga mengkritisi kondisi demokrasi Indonesia yang dinilai masih perlu dipertanyakan.

“Gus Dur pernah menyebut tentang ‘demokrasi seolah-olah’. Demokrasi kita ini seolah-olah demokratis, tapi apakah benar-benar demokratis? Kalau benar, mengapa masih banyak demonstrasi?” tegasnya.

Menambahkan pandangan Inayah, Puspanto, perwakilan dari Galeri Museum dan Cagar Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, menyampaikan bahwa pemikiran para ulama pada masa perjuangan perlu terus diperbarui dan disosialisasikan.

“Peran pemikiran ulama perlu kita update agar generasi muda paham, karena era akan selalu berubah-ubah,” ujar Puspanto.

Menurutnya, fungsi museum Minha tidak hanya untuk mendokumentasikan, tetapi juga untuk mempresentasikan pemikiran-pemikiran tersebut.

“Kita perlu memperbarui segala bentuk kekurangannya, agar generasi penerus bisa memanfaatkannya. Jika ada kekurangan, mari kita diskusikan bersama,” tutupnya.

Perlu diketahui bahwa dengan mengunjungi Minha, bukan sekadar napak tilas sejarah saja. Melainkan juga menjadi langkah untuk memahami dan merawat warisan pemikiran Islam Nusantara yang telah ikut membangun bangsa.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *