Sejarah

Merawat Jejak Pemikiran Islam Nusantara: Putri Gus Dur di Jombang Ajak Generasi Muda Kunjungi Minha

119
×

Merawat Jejak Pemikiran Islam Nusantara: Putri Gus Dur di Jombang Ajak Generasi Muda Kunjungi Minha

Sebarkan artikel ini
putri gus dur

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Agustus, bulan yang selalu dipenuhi semangat kemerdekaan, menjadi momen istimewa bagi Inayah Wahid, putri Gus Dur, untuk mengajak generasi muda Indonesia kembali menelusuri jejak sejarah.

Ajakan ini bukan sekadar untuk mengingat masa lalu, melainkan untuk merenungi peran penting para ulama dalam perjuangan bangsa.

banner 300600

Salah satu caranya adalah dengan berkunjung ke Museum Islam Nusantara KH Hasyim Asy’ari (Minha).

Dalam sebuah kesempatan saat ditemui sejumlah jurnalis di Minha, Inayah berbagi pandangannya mengenai pentingnya memahami sejarah Islam di Indonesia.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan konferensi pemikiran Islam Indonesia yang mengusung tema kemerdekaan dan hari lahir Gus Dur.

“Ini bukan sekadar ajakan untuk datang ke museum. Lebih dari itu, ini adalah ajakan untuk mengenal lebih dalam apa yang ada di dalamnya. Kami ingin masyarakat, terutama generasi muda, memahami peran para tokoh Islam seperti KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim, Gus Dur, dan lainnya dalam membangun Indonesia,” ungkap Inayah.

Inayah menekankan bahwa dengan mengetahui sejarah pemikiran para ulama ini, akan bisa memahami bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah sesuatu yang muncul begitu saja.

“Dengan memahami peran tokoh-tokoh ini, kita bisa lebih mengerti mengapa Indonesia memilih menjadi negara demokrasi, bukan negara Islam, misalnya. Ini salah satu topik yang akan kami bahas di konferensi,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *