Terkini

Produk Inovasi Karya Mahasiswa FTP Unej Ini Layak Diadopsi UMKM dan Pabrikan

436
×

Produk Inovasi Karya Mahasiswa FTP Unej Ini Layak Diadopsi UMKM dan Pabrikan

Sebarkan artikel ini
FTP Unej

Produk ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih sebagai alternatif pembuatan abon ayam atau sapi.

“Jantung pisang ini biasanya jarang sekali masyarakat mengolahnya sebagai produk alternatif, sehingga kami mencoba berinovasi, memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa jantung pisang ini bisa diolah sebagai pengganti ayam atau sapi khususnya bagi para vegetarian untuk makanan sehari-hari,” jelasnya.

banner 300600

Labih lanjut ia mengatakan, untuk bahan baku relatif terjual bebas di pasaran dan relatif banyak, dengan komposisi produk ini murni nabati yang diantaranya, jantung pisang, santan, bawang merah, bawang putih, minyak, cabe merah besar, gula merah, garam, ketumbar bubuk, merica, kemiri dan serai.

“Jadi abon jantung pisang ini kami buat dengan cita rasa rendang, dan pengolahannya relative mudah seperti pembuatan abon pada umumnya,” imbuhnya.

Sebagai informasi, berikut nama produk yang dipamerkan FTP Unej ini sebagai berikut :

1. Hiperball : bakso ikan prebiotik yang terbuat dari ikan lele, tepung bengkuang, dan dengan subtitusi jamur tiram

2. Stik Nuta : salah satu olahan nugget berbahan dasar ampas tahu dengan penambahan flavor udang yang dimodifikasi bentuk seperti es krim stik

3. FreeMoo : produk ice cream plant based terbuat dari santan dan sari tempe dengan penambahan buah lokal deperti pisang fan buah naga

4. Bontung : untuk memanfaatkan jantung pisang menjadi sebuah produk pangan kaya serat dan nutrisi. Produk ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang gurih seperti abon ayam/sapi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *