Daerah

Cegah Stunting dengan Tunda Kehamilan

71
×

Cegah Stunting dengan Tunda Kehamilan

Sebarkan artikel ini
kehamilan

BERITABANGSA.ID, LUMAJANG – Menunda kehamilan hingga usia yang ideal, jadi fokus utama dalam upaya pencegahan stunting di Kabupaten Lumajang.

Demikian disampaikan Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lumajang, Agus Triyono, Jumat (31/5/2024).

“Dengan memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya faktor ini dapat meningkat, sehingga angka stunting di Lumajang dapat ditekan secara signifikan,” ujar Sekda Lumajang dalam kegiatan Penilaian Kinerja Stunting Provinsi Jawa Timur, di CCRoom Pemkab Lumajang.

Agus Triyono juga menyampaikan, salah satu tantangan utama yang dihadapi saat ini adalah tingginya angka perkawinan dini dan nikah siri.

Hal tersebut menjadi faktor utama penyebab stunting di wilayah ini.

Menurutnya, langkah-langkah strategis telah diambil oleh kader pembangunan manusia (KPM) Lumajang untuk mengatasi masalah tersebut.

Salah satu strategi yang ditekankan adalah edukasi kepada pasangan pengantin yang masih berusia di bawah 20 tahun untuk menunda kehamilan hingga usia yang ideal.

“Teman-teman KPM telah berupaya keras mengedukasi para pengantin muda agar bersedia menjalani tahun madu dengan sempurna. Ini berarti menunda kehamilan hingga usia yang lebih matang dan memungkinkan, yang pada gilirannya dapat menghambat proses terjadinya stunting pada anak,” ungkapnya.

Pada akhirnya, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membangun generasi muda yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan, serta mengurangi dampak negatif stunting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Lumajang.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *