Ekonomi Dan Bisnis

Kekayaan Instan dari Kripto, Benarkah? Simak Penjelasan Dosen Ekonomi Unair

52
×

Kekayaan Instan dari Kripto, Benarkah? Simak Penjelasan Dosen Ekonomi Unair

Sebarkan artikel ini
Kripto
Dosen ekonomi Unair Dr. Imron Mawardi SP., MSi.

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Seringkali muncul orang-orang yang mendapat kekayaan dengan waktu yang cepat. Kekayaan tersebut berasal dari satu sumber yang digadang-gadang menjadi teknologi masa depan, yakni kripto.

Hal itu tak luput dari sorotan dosen ekonomi Unair Dr. Imron Mawardi SP., MSi. Katanya, kripto dapat memberikan kekayaan instan asalkan barangnya spesifik.

“Yang bentuknya cryptocurrency, ternyata banyak digunakan untuk instrumen investasi sehingga semakin diburu karena dianggap punya prospek masa depan dan harganya terus naik,” ungkapnya.

Mengenal Kripto dan Blockchain

Menurut Dr Imron, kripto sebenarnya sama dengan NFT (non-fungible token). Yang membedakan adalah NFT berbentuk lukisan/gambar, sedangkan kripto adalah mata uang/currency.

“Kripto sebenarnya produk berbasis teknologi blockchain. Yang salah satunya, berupa currency yang disebut cryptocurrency seperti Bitcoin, Ethereum, dsb. Ada lagi yang berupa gambar, lukisan dll yang disebut NFT/non-fungible token,” jelasnya.

Crypto atau cryptocurrency adalah mata uang virtual yang tidak terikat otoritas bank maupun pemerintahan. Kripto sendiri tak bisa berjalan tanpa dukungan teknologi blockchain.

Blockchain merupakan sebuah database publik yang mencatat transaksi yang terjadi, sehingga transaksi kripto bersifat transparan dan tidak dapat dihapus.

“Teknologi blockchain dapat digunakan untuk membuat buku besar atau database yang tidak dapat diubah untuk melacak pesanan, pembayaran, akun, dan transaksi lainnya,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *