Keagamaan

Haul Habib Sholeh, Wisata Religi Andalan Jember

799
×

Haul Habib Sholeh, Wisata Religi Andalan Jember

Sebarkan artikel ini
Haul Habib Sholeh
Para peziarah sedang berdoa bersama di acara Haul ke 48 Habib Sholeh Tanggul. (Foto: Guntur Rahmatullah/ Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Haul Habib Sholeh bin Muchsin Al Hamid kembali digelar, Sabtu dan Minggu, 20-21 April 2024.

Haul Habib Sholeh yang ke- 48 ini digelar dua hari dan lebih berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Scroll untuk melihat berita

Hari pertama haul, puluhan ribu peziarah tumplek blek di lokasi pengajian yang terpusat di sekitar makam Habib Sholeh bin Muchsin Al Hamid yang berdekatan dengan Stasiun Kereta Api Tanggul.

Para peziarah hikmat mengikuti setiap rangkaian acara pada hari pertama, di antaranya khotmil Alquran, kajian Kitab Salaf, pembacaan Maulid Nabi Muhammad, ziarah bersama ke makam Wali Qutub Habib Sholeh bin Muchsin Al Hamid, dan ditutup dengan tausiyah oleh para kiai.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, Bambang Rudianto menyampaikan, haul Habib Sholeh merupakan wisata religi andalan Kabupaten Jember.

Acara ini mampu mendatangkan puluhan ribu peziarah dari berbagai kota, yang bisa menggerakkan perekonomian warga sekitar.

“Haul Habib Sholeh merupakan salah satu andalan wisata di Jember, khususnya wisata religi, banyaknya peziarah yang datang tentu mereka akan melakukan transaksi ekonomi dengan warga lokal, baik itu kebutuhan makan, sandang hingga penginapan,” ujar pria yang akrab disapa Rudi.

Lebih lanjut, Rudi mencontohkan, dari acara ini, banyak peziarah yang ingin bermalam, sehingga banyak rumah warga sekitar disewakan hanya pada pelaksanaan acara ini.

Sementara itu, salah satu peziarah, Ghofur asal Kepanjen Malang mengaku rutin setiap tahun menghadiri Haul Habib Sholeh ini.

Ghofur mengaku mendapat manfaat banyak dengan mengikuti acara religi ini.

“Saya rutin setiap tahun hadiri Haul Habib Sholeh, saya dapat ketenangan hati, di samping itu juga berdampak pada kelaparan rezeki saya, usaha nasi goreng yang saya jalankan di Kepanjen jadi lebih lancar, Alhamdulillah barokah,” ujar Ghofur.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *