Publik Service

BBKK Surabaya Siaga 24 Jam Saat Lebaran

861
×

BBKK Surabaya Siaga 24 Jam Saat Lebaran

Sebarkan artikel ini
BBKK
Dr Rosidi Roslan, S.Ip., SKM., SH., MPH., MH., Kepala BBKK ( Balai Basar Kekarantinaan Kesehatan )Surabaya

Sebelum memasuki masa Mudik, ada beberapa hal yang sudah dilakukan oleh BBKK Surabaya sebagai bentuk persiapan dan antisipasi meminimalkan risiko penyakit, antara lain, penyiapan pos kesehatan mudik/balik di bandara dan pelabuhan, pengambilan/uji petik sampel makanan dari tenant yang ada di bandara dan pelabuhan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium.

Dan ketiga, melakukan pelatihan basic life support (bantuan dasar hidup) untuk meningkatkan kompetensi petugas jaga dan petugas dari lintas sektor terkait jika terjadi kegawatdaruratan kesehatan.

Scroll untuk melihat berita

Sementara, saat memasuki momen mudik maupun arus balik nanti, BBKK Surabaya akan melakukan hal-hal berikut; pengawasan/pemantauan penumpang dari luar negeri/luar wilayah dilakukan dengan pemantauan suhu dengan termal dan pemantauan gejala secara visual.

Penyiapan layanan kesehatan (pos kesehatan) termasuk proses rujukan dengan penambahan tenaga kesehatan untuk antisipasi lonjakan penumpang saat mudik.

Dan ketiga, peningkatan intensitas pemantauan faktor risiko kesehatan lingkungan dengan melakukan pengawasan sanitasi lingkungan (tempat-tempat umum (toilet, penyediaan air bersih), tempat pengelolaan makanan) kepadatan vektor untuk menjamin fasilitas publik tidak menjadi faktor risiko timbulnya masalah kesehatan.

“Keempat edukasi mudik sehat, melalui media komunikasi yang tersedia di bandara/pelabuhan,” ujarnya.

Tips Mudik Sehat BBKK Surabaya

Pertama, rencanakan perjalanan mudik dengan baik.
Siapkan kondisi fisik yang prima.
Terpakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di mana pun dan kapan pun.

Siapkan perbekalan obat yang dibutuhkan.

Terakhir hubungi layanan kesehatan terdekat apabila mengalami masalah kesehatan.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *