Terkini

Jelang Lebaran 2024, KAI Daop 8 Intensif Cek Jalur KA

1537
×

Jelang Lebaran 2024, KAI Daop 8 Intensif Cek Jalur KA

Sebarkan artikel ini
Daop 8

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan perawatan jalur KA untuk menjamin keselamatan perjalanan KA, terutama menjelang lebaran 1445 H.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengatakan KAI Daop 8 Surabaya senantiasa melakukan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

Scroll untuk melihat berita

Perawatan jalur rel kereta api dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai standar pengoperasian jalan rel berdasar ketentuan yang telah ditetapkan.

Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kab/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Untuk memastikan jalur KA tersebut aman, KAI Daop 8 Surabaya memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, 4 UPT Jembatan, dan 1 UPT Mekanik, yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Daop 8 Surabaya.

Para petugas dari UPT Jalan Rel dan Jembatan tersebut, akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast.

Di samping itu, para petugas akan meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

“Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para pengguna jasa kereta api, serta memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA,” ungkap Luqman Arif.Daop 8

Ticket Angkutan Lebaran Untuk 2024 di wilayah Daop 8 Surabaya mulai 31 Maret hingga 21 April 2024, berdasar data pukul 10.00 WIB telah tercatat sebanyak 208.541 pelanggan.

Pada momen arus mudik 31 Maret (H-10) hingg 9 April (H-1) tercatat 104.622 pelanggan, sedangkan untuk arus balik mulai 12 – 21 April atau H+1 hingga H+10 lebaran tercatat 84.795 pelanggan.

“Data penjualan masih akan terus meningkat, selama penjualan tiket terus berlangsung,” ucapnya.

Luqman Arif menambahkan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 54 perjalanan KA jarak jauh yang terdiri 43 KA reguler dan 11 KA jarak jauh tambahan untuk mengakomodir kebutuhan pelanggan pada masa angkutan lebaran 2024, dengan total menyediakan 30.340 tempat duduk perhari.

Pelanggan di Daop 8 Surabaya pada masa angkutan lebaran didominasi dengan tujuan Semarang, Jakarta, Jogjakarta, Bandung, Jember dan Banyuwangi.

“KA jarak jauh paling favorit yakni KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong, KA Kertajaya Surabaya Pasarturi – Pasarsenen, KA Tawangalun relasi Malang Kotalama – Ketapang,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *