Terkini

Jelang Ramadan, Khofifah Ingatkan Masyarakat Tak Panic Buying

804
×

Jelang Ramadan, Khofifah Ingatkan Masyarakat Tak Panic Buying

Sebarkan artikel ini

BERITABANGSA.ID, SURABAYA – Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, periode 2019-2024, mengajak masyarakat mempersiapkan diri menyambut Ramadan, dan tidak panic buying.

Dia mengingatkan jika terjadi panic buying maka akan berdampak negatif pada ketersediaan bahan pokok di pasaran.

Scroll untuk melihat berita

Dia meyakini bahwa pemerintah provinsi Jatim bersama Forkopimda akan melakukan monitoring dan memastikan bahwa stok bahan pangan di Jatim aman. Sehingga masyarakat tak perlu panik.

“Saya yakin pemerintah Provinsi Jatim telah tegas mengatakan bahwa stok bahan pangan di Jatim aman menjelang Ramadan hingga lebaran Idul Fitri. Bahkan stok beras aman hingga enam bulan. Sehingga masyarakat tidak perlu panic buying,” tegas Khofifah, Rabu (6/3/2024).

Ketua Umum PP Muslimat NU ini mengatakan panic buying akan memicu gejolak di sistem pasar yang menganut sistem supply and demand.

Saat permintaan meningkat pesat akan berpengaruh pada suplai. Dan jika suplai berkurang maka harga akan naik. Sehingga penting menjaga untuk kondisi supply and demand tetap terkendali dan terjaga.

Terutama untuk komoditas beras. Per bulan lalu, Bulog dengan 40 gudang dan 13 cabang di Divisi Regional Jatim memiliki stok beras hampir mencapai 135 ribu ton.

Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan warga Jatim hingga enam bulan ke depan.

“Selain itu pemerintah di sejumlah titik juga aktif menggelar operasi pasar yang itemnya bukan hanya beras tapi juga ada minyak goreng, gula hingga telur ayam,” tegasnya.

Lebih lanjut ia pun membagikan tips untuk mempersiapkan diri menyambut Ramadan. Yang pertama adalah fisik yang fit. Di tubuh yang sehat adalah syarat utama untuk bisa ibadah pada Ramadan dengan lancar.

“Persiapan menyambut Ramadan yang terpenting adalah penyiapan fisik dan psikologis. Pastikan kondisi badan bugar dan sehat. Karena bulan Ramadan membutuhkan fisik yang prima, mulai dari puasa, hingga tarawih membutuhkan badan yang sehat,” tambah Khofifah.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *