Publik Service

Di 2024, PDAM Terapkan One Day Service Layani Pelanggan Baru

151
×

Di 2024, PDAM Terapkan One Day Service Layani Pelanggan Baru

Sebarkan artikel ini
One Day Service
Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo Fatihul Faizun bersama pegawai saat melihat pemasangan pipa baru di wilayah Kecamatan Sidoarjo

BERITABANGSA.ID, SIDOARJO – Perumda Delta Tirta komitmen memberi pelayanan terbaik 2024 dengan menerapkan program “one day service” pasang baru.

One day service merupakan fasilitas pelayanan kepada calon pelanggan yang mengajukan pasang baru sambungan langsung (SL) di jalur pipa distribusi.

Demikian disampaikan oleh Fatihul Faizun , Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta.

“Perumda Delta Tirta akan memberlakukan one day service untuk pasang baru calon pelanggan di tahun 2024 sebagai bentuk komitmen direksi memberikan pelayanan prima dan yang terbaik untuk masyarakat Sidoarjo,” kata Fatihul Faizun, Kamis (7/12/2023).

Paijo , sapaan akrab Fatihul Faizun menjelaskan, beberapa perangkat lunak yang perlu direvitasilasi dalam pasang baru, antara lain sistem yang berbasis teknologi informasi.

Berdasarkan hasil evaluasi selama ini seharusnya dengan sistem berbasis teknologi informasi alur birokrasi dapat lebih efektif sebagaimana semangat reformasi birokrasi.

“Selama ini kami menerima banyak pengaduan calon pelanggan karena proses pasba lebih dari satu hari bahkan satu bulan, karena prosesnya yang begitu panjang,” ujarnya.

Proses panjang itu mulai dari pendaftaran, registrasi, pemberian nomor pelanggan, survei lokasi pemohon hingga one time password di setiap tahapan administasi pada bidang pelayanan dan operasional.

“Sehingga menjadi penting Perumda Delta Tirta membuat inovasi pemasangan sambungan langsung tidak lebih dari satu kali dua puluh empat jam,” jelas Mantan Aktifis PMII itu.

Paijo menambahkan, metode one day service pada pasang baru SL selain untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga dijadikan perangkat pendukung guna support program nasional (Inpres) memperluas cakupan layanan dengan sumber dana APBN 2024.

“Perumda Delta Tirta di tahun 2024 merencanakan target pasang SL sebanyak 35.000 dan kenaikan cakupan layanan menjadi 39,4%,” imbuhnya.

Selain itu Faizun juga berpendapat, bahwa dengan banyaknya tambahan pelanggan yang signifikan menjadi sebuah keharusan Perumda Delta Tirta mempunyai inovasi di bidang pelayanan.

Pihaknya juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan semua stakeholder khususnya kuasa pemilik modal (KPM), Ahmad Muhdlor (Bupati Sidoarjo), yang memberikan support kepada Perumda Delta Tirta Sidoarjo.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Pak Bupati Sidoarjo selaku KPM yang telah memberikan support penuh pada Perumda Deta Tirta sehingga cakupan layanan menjadi berkembang secara signifikan pada dua tahun terakhir,” pungkas Ketua IKA PMII Sidoarjo itu.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *