Terkini

Wapres RI: Stunting Bisa Lahirkan Kemiskinan Baru

406
×

Wapres RI: Stunting Bisa Lahirkan Kemiskinan Baru

Sebarkan artikel ini
Wapres RI
Wapres RI, Ma'ruf Amin menyampaikan sejumlah arahan mengenai percepatan penurunan stunting di depan warga Jember. (Foto: Guntur Rahmatullah/ Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID, JEMBER – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH Makruf Amin menghadiri acara pendistribusian bantuan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Jember, Jatim, Rabu, 6 Desember 2023.

Ma’ruf Amin dan rombongannya mendarat di Bandara Notohadinegoro Jember disambut hangat oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Kemudian mereka menuju ke Pendapa Wahyawibawagraha, bertemu dengan Bupati Jember Hendy Siswanto.

Setelah itu dilanjutkan menuju Pabrik Semen PT Imasco Asiatic, tempat dilaksanakannya pendistribusian bantuan penurunan stunting.

Bantuan penurunan stunting berasal dari Yayasan Dewa-dewi Indonesia serta Pabrik Semen Imasco Asiatic, didistribusikan kepada 10.000 warga Jember.

Dalam arahannya, Ma’ruf Amin menyebut bahwa stunting masih menjadi persoalan yang besar bagi bangsa Indonesia.

Dia mengajak seluruh pihak untuk menyelesaikan bersama-sama masalah stunting di Indonesia.

Stunting tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tetapi juga pada kesehatan, hingga kemampuan berpikirnya.

“Anak stunting nanti ketika dewasa, produktivitasnya rendah, yang pada akhirnya menghambat pertumbuhan ekonomi dan semakin menimbulkan persoalan ketimpangan dan kemiskinan,” ujarnya.

Dia menyebut, berbagai upaya pemerintah selama ini telah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 30,8 persen pada 2018, menjadi 21,6 persen pada 2022.

“Saya minta semua pihak, termasuk para pimpinan daerah tetap fokus mengawal pelaksanaan program percepatan penurunan stunting,” perintah Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Dewa-dewi Indonesia, Siti Mamduhah Ma’ruf Amin membeberkan alasannya untuk bergerak di Kabupaten Jember.

“Sebab angka stunting di Jember cukup tinggi, tadi dikatakan Gubernur Jatim demikian. Kami berkolaborasi dengan PT Semen Imasco Asiatic untuk bergerak menurunkan stunting di sini, mudah-mudahan gerakan ini konsisten berjalan terus sampai zero stunting sesuai arahan pak Wapres,” ujar Mamduhah, putri kedua Wapres RI Ma’ruf Amin.

Dia juga mengajak seluruh pihak dengan kemampuannya masing-masing, untuk bersama-sama bergerak dalam menurunkan stunting di Indonesia.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *