Ekonomi dan Bisnis

Pj Bupati Ingin UMKM Lumajang Berdaya Saing Global

59
×

Pj Bupati Ingin UMKM Lumajang Berdaya Saing Global

Sebarkan artikel ini
UMKM
Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni saat menerima kunjungan Pengurus PWI Kabupaten Lumajang

BERITABANGSA.ID, LUMAJANG – Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, komitmen mendukung pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang, mampu meningkatkan kualitas dan daya saing hingga tingkat global.

Pj Bupati mengatakan hal ini, saat menerima kunjungan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lumajang di Pendapa Arya Wiraraja, beberapa waktu lalu.

Scroll untuk melihat berita

“Kita dorong UMKM menjadi usaha yang terus meningkat menjadi industri kecil mikro (IKM), dan berdaya saing global secara bertahap,” harap Indah Wahyuni, Jumat (24/11/2023).

Pj Bupati Lumajang, berharap pelaku usaha ini mampu meningkatkan manajemen usahanya, dan membantu pelaku usaha lain agar bisa lebih maju.

“Saya ingin ada produk di Kabupaten Lumajang ini yang bisa mendunia, dikenal dan bisa berdaya saing global. Itu bukan mustahil jika manajemen usahanya bagus,” ungkapnya.

Kata Indah Wahyuni, para pelaku UMKM yang beranggotakan produsen produk lokal bisa membentuk koperasi.

Dari koperasi itu menjadi produsen dan kerjasama dengan koperasi lain untuk memasarkan produknya.

“Hal itulah yang dapat menjadikan majunya koperasi, harus saling asah asih asuh, kerja keras, kerja cerdas dan kerja ikhlas untuk dapat menguatkan perekonomian kita khususnya para pelaku UMKM dan sejenisnya,” jelasnya lagi.

Dengan dibentuknya sebuah koperasi, menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur ini, akan lebih baik lagi.

Penyalurannya bisa dibantu bersama-sama lewat koperasi, daripada persaingan antar pelaku usaha yang kurang sehat secara individu.

“Kami ingin ada sebuah klaster, seperti klaster camilan keripik, kopi, souvenir, kerajinan bambu, anyaman rotan sintetis, ada batik, snack dan lainnya. Kita kembangkan tanpa ada kompetitor di bawah, Koperasi jadi bapak asuh UMKM yang belum maju,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *