Pendidikan

Usia 10 Tahun Unusa Raih Akreditasi Unggul

385
×

Usia 10 Tahun Unusa Raih Akreditasi Unggul

Sebarkan artikel ini
Unusa Unggul
Rektor Unusa, Profesor Dr. Ir. Achmad Jazidie, M.Eng, saat menerima piagam Akreditasi Unggul

BERITABANGSA.ID – SURABAYA – Di usia ke-10, Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memperoleh hadiah besar, berupa pengakuan sebagai salah satu PTN-PTS terbaik di Indonesia.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui Surat Keputusan No 946/SK/BAN-PT/Ak/PT/XI/2003, memberi predikat akreditasi Unggul untuk institusi Unusa.

Scroll untuk melihat berita

Di usia yang hampir 10 tahun ini, berarti Unusa telah menjadi salah salah satu PTN-PTS tercepat terakreditasi unggul.

Dari 4523 PTN-PTS di Indonesia, sampai 22 November 2023 baru 80 akademi, institut, politeknik, sekolah tinggi, dan universitas atau 1,8 persen, yang terakreditasi unggul.

Mayoritas PTN-PTS tersebut berusia di atas 40 tahun, dan sangat sedikit PTN-PTS berusia 10 tahun ke bawah yang terakreditasi unggul.

Di dalam memberikan penilaian, BAN-PT berpedoman pada 9 kriteria penilaian, yaitu pertama, kriteria visi, misi, tujuan dan strategi. Kedua, kriteria tata pamong, tata kelola, dan kerjasama.

Ketiga, kriteria mahasiswa. Keempat, kriteria sumber daya manusia. Kelima kriteria, keuangan, sarana dan prasarana. Keenam, kriteria pendidikan. Ketujuh, kriteria penelitian. Kedelapan, kriteria pengabdian kepada masyarakat.
Terakhir, kriteria luaran, dan capaian tridharma.

Menurut Rektor Unusa, Profesor Achmad Jazidie, Perguruan Tinggi diberi predikat unggul ketika akumulasi skor dari kriteria-kriteria itu mencapai minimal 361.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *