Publik Service

Satpol PP Jember Patroli Rutin untuk Redam Isu Klitih di Masyarakat

558
×

Satpol PP Jember Patroli Rutin untuk Redam Isu Klitih di Masyarakat

Sebarkan artikel ini
Klitih
Anggota Satpol PP Jember bersiap untuk gelar patroli rutin, Sabtu (18/11/2023), malam. (Foto: Diskominfo Jember for Beritabangsa.id)

BERITABANGSA.ID – JEMBER – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jember melakukan patroli rutin malam hari untuk meredam isu klitih yang belakangan ramai diperbincangkan.

Adapun sasaran patroli antara lain wilayah Semanggi, Tegal Gede, Kampus, Kaliurang, Antirogo, Jalan Muhammad Yamin hingga Ajung, Stadion Jember Sport Garden (JSG), dan Jalan Gajah Mada.

Scroll untuk melihat berita

Patroli dimulai pada Sabtu, 18 November 2023, sekira pukul 23.00 – 02.00 WIB, di bawah komando Kepala Satpol PP Jember, Bambang Saputro.

Upaya itu bertujuan untuk menjaga kondusivitas wilayah setempat menjelang Pemilu 2024.

Kepala Satpol PP Jember, Bambang Saputro, mengaku selalu siap siaga untuk mengantisipasi munculnya berbagai problem sejenis klitih ini agar Jember selalu aman dan tenteram.

“Itu selaras dengan imbauan Bupati Hendy untuk mengaktifkan kembali Siskamling menjelang Pemilu raya,” ucap Bambang Saputro, Minggu (19/11/2023).

Selain memimpin patroli rutin, Bambang Saputro juga telah berkoordinasi dengan Polres, Kodim, dan Muspika di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember guna menjaga ketentraman di wilayah masing-masing.

“Kami juga menanggapi DM pengaduan dari masyarakat yang masuk dalam akun Instagram Satpol PP tentang upaya mengatasi klitih ini,” pungkas Bambang Saputro.

Sebagaimana diketahui, klitih (kliling goleh getih) merupakan istilah yang menggambarkan tentang upaya mencederai seseorang melalui perundungan.

Istilah klitih awal mula muncul di Yogyakarta, di kala itu terdapat sebuah kasus yang melibatkan sekelompok remaja yang disinyalir melakukan tindak kekerasan di malam hari.

Tidak lama berselang, isu tindakan yang serupa mulai bermunculan di beberapa tempat lain dan tersebar melalui unggahan di berbagai platform media sosial.

Kasus yang ditengarai mirip klitih juga muncul di Kabupaten Jember, tepatnya di Kecamatan Tegal Besar dan dikeluhkan warga belum lama ini.

Di mana warga mengaku melihat sekelompok remaja bersenjata tajam (Sajam) yang diduga hendak menciderai sepasang muda-mudi di wilayah setempat.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *