Publik Service

Dinkes Akui Makanan Tambahan untuk Stunting dari PPG di Jombang Tak Layak Dikonsumsi

177
×

Dinkes Akui Makanan Tambahan untuk Stunting dari PPG di Jombang Tak Layak Dikonsumsi

Sebarkan artikel ini
Sayuran belatung
Tampak penerima bantuan stunting, saat menunjukkan kuah bening yang diduga ada belatungnya. Foto : Kiriman warga for Faiz Beritabangsa.id.

BERITABANGSA.ID, JOMBANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Jombang membenarkan temuan makanan tambahan untuk stunting yang tak layak dikonsumsi di dua Kecamatan, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Ada ulat belatung yang ditemukan dalam makanan tambahan bagi stunting ini.

Bahkan, imbas temuan ini program pos perbaikan gizi (PPG) dihentikan secara serentak sejak Senin, 13 November 2023. Program ini dihentikan setelah munculnya komplain dari masyarakat atas kualitas makanan tambahan untuk stunting karena tak layak konsumsi.

Scroll untuk melihat berita

Sekretaris Dinkes Jombang, Saiful mengatakan anggaran tambahan makanan untuk stunting memang menjadi kewenangan mereka. Namun, setelah muncul komplain dari masyarakat PPG dievaluasi dan dihentikan sementara waktu.

“Anggaran tambahan makanan (memang) ikut Dinkes. Tapi ini tadi sudah dievaluasi, akan dihentikan. (Ada komplain makanan tak layak konsumsi) di Sumobito dan Kecamatan Bareng, itu akan dihentikan dulu,” kata Saiful, pada Senin (13/11/2023) sore.

Dia menjelaskan bahwa pengadaan makanan tambahan untuk stunting tidak digarap sendiri oleh Dinkes namun melibatkan pihak ke tiga. Untuk prosesnya melalui pengadaan di E-katalog. Anggaran yang disiapkan untuk stunting sebanyak Rp6 miliar.

“Nanti saya tanyakan ke PPK (pejabat pembuat komitmen). Ternyata setelah dievaluasi banyak komplain dari masyarakat sehingga dihentikan dulu. Ini masuk ke program insentif fiskal. Dari insentif fiskal itu anggarannya Rp6 miliar, untuk beberapa dinas, untuk menangani stunting. Nah untuk yang Dinkes kebagian untuk pemberian makanan tambahan lokal. Biasanya teman-teman di Dinkes itu gak pernah ada tambahan makanan lokal,” jelasnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *